RHK Sabtu, 30 Juni 2018

0
697

Kemenangan

Mazmur 71:24

Kemenangan merupakan suatu keadaan yang bebas, merdeka yang mendatangkan sukacita dan kebahagiaan karena terlepas dari te-kanan, belenggu dan kuasa yang mendominasi. Banyak keme-nangan yang diraih dengan perjuangan dan kesetiaan Iman dalam menghadapi berbagai tekanan dan pergumulan kehidupan yang mendatangkan penderitaan yang sangat. Tapi ada juga yang meng-alami dan menikmati kemenangan dengan jalan aman (tanpa per-juangan dan kesetiaan) melalui jalan pintas seperti, sogok, dan ber-bagai cara dan usaha untuk menikmati sukacita dan kebahagiaan berupa materi dan jabatan sehingga keadilan tergadaikan. Keme-nangan tidak lagi dipahami harus melalui perjuangan tapi dengan jalan gampang. Zaman ini semua dijadikan instan (cepat dan mudah) untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Inilah pergumulan dan tantangan bagi gereja secara khusus dan negara atau peme-rintah secara umum.

Belajar dari Firman Tuhan saat ini, pemzmur (pendoa) membagi pengalaman imannya bahwa kemenangan atau selamat dari usaha musuh untuk menghancurkannya, ia peroleh cuma karena anugrah Tuhan. Keadilan Tuhan mendatangkan penebusan dan pembe-basan baginya sehingga musuh-musuhnya kehilangan muka dan dipermalukan oleh Tuhan sendiri. Pemazmur mau katakan bahwa kesetiaannya dalam perjuangan untuk bisa menang direspons oleh Tuhan melalui kemanangan yang dinyatakan. Itulah yang menjadi motif sehingga pemazmur melalui bibirnya mendeklarasikan kea-dilan Tuhan sepanjang hari sebagai senjata untuk membuat para musuh takluk dan kalah.

Keluarga Kristen, semua orang ingin sukses dalam hidup, ingin me-nang terhadap segala perjuangan. Firman Tuhan mengajarkan bahwa untuk sukses dan menang dibutuhkan perjuangan dan kese-tiaan, dibutuhkan strategi dan iman. Kemenangan bukanlah sebuah situasi yang gampang untuk diraih agar sukses bisa dinikmati tapi membutuhkan kesiapan, strategi dan modal agar perjuangan dan kesetiaan dijawab oleh Tuhan dengan memberi kemenangan yang tidak akan mempermalukan bagi yang berjuang tapi bagi musuh-musuh yang iri dengan kehidupan keberimanan kita. Untuk itu, ke-luarga kristen harus menjadi pangkalan pendidkan iman untuk menggembleng anak dan generasi kita agar dididik dan menga-takan bahwa untuk meraih kemenangan dan kesuksesan dalam hidup dibutuhkan perjuangan dan iman bukan melalui jalan pintas. Amin.

Doa: Ya Allah, dunia saat ini memberi jaminan pada jalan pintas untuk meraih dan menikmati kemenangan dan kesuksesan, tolong kami sebagai keluarga dan gereja mampu membekali generasi kami dengan mengajarkan bahwa kemenangan itu harus diraih melalui perjuangan dan iman pada Tuhan. Amin.

Program Baca Alkitab Setahun – 30 Juni Mazmur 131-135

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here