RHK Sabtu, 6 Oktober 2018

0
883

Berbagai Karunia untuk Mempersatukan

1 Korintus 12:11

Roh Kudus berkuasa memberi rupa-rupa karunia kepada setiap orang percaya dan Paulus menggambarkan keanekaragaman karunia seperti tubuh manusia yang di dalamnya tersusun bermacam-macam anggota tubuh, masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda.

Penekanan dari seluruh keanekaragaman  itu ialah bahwa gereja adalah tubuh Kristus dan seluruh anggota jemaatnya menerima karunia yang berbeda-beda. Kita jemaat disadarkan bahwa karunia itu hanya ditemukan jika kita sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan sebagai sumber karunia dan merelakan diri masuk dalam satu tubuh (jemaat dan Allah menjadi satu) yakni persekutuan, dimana terdapat kehidupan yang saling meng-hargai setiap karunia yang berbeda-beda dan karunia tersebut untuk kepentingan bersama.

Karunia jangan disalahartikan menjadi kesombongan dan disa-lahgunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompok sehingga menjadi sumber masalah dan perselisihan. Sebaliknya tujuan dari berbagai karunia ialah untuk membangun jemaat. Setiap pribadi dalam jemaat diberi karunia yang berbeda-beda oleh Tuhan.

Sebagai keluarga kristen, marilah kita temukan, kerjakan dan syukuri karunia yang kita miliki, sehingga setiap karunia yang terpakai sesuai kehendak Allah, dapat menjadi persembahan yang berkenan kepada Allah dalam kehidupan persekutuan jemaat yang bersatu. Amin.

Doa: Ajari kami ya Tuhan, untuk dapat saling melengkapi lewat karunia yang telah dianugerahkan bagi kami, agar kami dapat menjadi satu sebagai tubuh Kristus. Amin.