RHK Sabtu,23 Maret 2019

0
616

Tepati janji 

Kejadian 22:19

     Pembacaan hari senin yang lalu dalam ayat 5 Abraham berkata kepada dua orang bujangan bahwa dia dan Isak sesudah bersembahyang akan kembali. Hal ini menunjukan bahwa janji orang beriman tidak berubah disegala keadaan. Begitu juga kesetiaan dan kesabaran dua orang bujang menunggu kembalinya majikan.

Secara faktual masih ditemui di jaman modern ini pembantu rumah tangga yang tidak tekun, sabar, rajin dan setia melakukan pekerjaan rumah tangga majikan. Bahkan ada yang melakukan kekerasan terhadap anak majikan atau mencuri di rumah majikan.

Abraham setia kepada janjinya dan kembali menumui bujang sebagai bagian dari anggota keluarganya. Hal ini mengingatkan bahwa majikan tidak boleh mengabaikan tanggungjawab untuk memperhatikan setiap anggota keluarga termasuk pembantu rumah tangga.

Melalui renungan hari ini mengajak kita untuk mencontoh kepada Abraham yang sangat memperhatikan setiap anggota keluarga tanpa membedakan status sosial termasuk pembantu rumah tangga. Seperti Tuhan memakai Abraham dan keluarganya menuju Bersyeba daerah selatan Israel yang banyak sumur air, daerah padang rumput untuk mengembalakan ternak, begitu juga Tuhan memberkati keluarga kita. Amin.

Doa: Tuhan Yesus tolonglah kami agar setiap janji iman yang kami sampaikan itu, kami lakukan baik dalam keluarga maupun dimanapun Tuhan mengutus kami untuk berkaraya. Amin.