RHK Selasa, 10 November 2015

0
1910

Dengar dan Lihat

Kejadian 18:20-22

          Dalam pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kapasitas (capacity building) ada cara ajar dimana beberapa peserta berderetan dari muka ke belakang sebanyak minimal 5 orang, narasumber membisikkan kepada peserta beberapa frase kata. Peserta berikut membisikan pada orang di belakangnya sam-pai akhirnya peserta terakhir menyatakan apa frase kata itu. Ternyata di bagian akhir, narasumber menemui adanya bebe-rapa kata yang hilang.

Ternyata mendengar saja tidak cukup, untuk menda-patkan jawaban atau tindakan yang tepat harus melihat, artinya mencari tahu dan memastikan yang sebenarnya.

Metode ini juga “dipakai” Tuhan, ketika banyak orang berkeluh kesah tentang beratnya dosa Sodom yaitu kecong-kakan, keangkuhan, homosex/sodomi, perkosaan, keserakahan, arogan, dan tidak peduli untuk membantu orang miskin. Karena itu Tuhan berencana menghancurkan kota yang amat metropolis ini. Cara hidup dan situasi di Sodom tidak hanya terjadi waktu itu, interaksi sosial dewasa ini antar teman, antar relasi bisnis juga terkadang terjadi di dalam diri kita. Ia dimulai dari dalam batin dan kesadaran untuk memuaskan kepentingan diri (egosentris). Oleh karena itu sangat penting masing-masing kita melakukan perenungan diri di dalam Tuhan sebagai usaha untuk menilik dan merawat kebersihan batin kita. Dengar dan lihatlah Tuhan menilik dan mengetahui segenap gerak-gerik kehidupan kita. Amin. 

Doa: Tuhan, Engkaullah yang mendengar, melihat dan berpengapa langsung dalam hidup ini. Tuntun kami mendengar dan melihat maksud-Mu, meski dalam keluh kesah hidup. Karena Yesus jawaban dalam hidup keluarga kami Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here