RHK Selasa, 13 Mei 2014

0
1149

MAKNA KEPEDULIAN

Yohanes 4:6-8

Kepedulian  bukan  karena  mengenal.  Dan  kepedulian tidak dibatasi oleh apapun, sebab kepedulian adalah sesuatu yang Tuhan tanamkan/berikan pada diri kita. Karena itu kita mengerti bahwa hidup bukan untuk diri kita  saja tetapi jugauntuk  sesama  dan  sesuatu  di  luar  diri  kita.  Diri  kita  akan dihargai ketika kita mampu menghargai orang lain.

Cerita  ini  mengangkat  tentang  kisah  perjalanan  Yesus yang berada pada suatu  keadaan  atau  situasi  yang  sulit  dan memprihatinkan.  Hal  ini  tergambar  dari  ungkapan  sangat letih, duduk di  pinggir sumur (tapi tidak dapat berbuat apaapa  karena  tidak  mempunyai  timba)  pada  jam  dua  belas dengan  panas  teriknya  matahari  dan  dalam  keadaan  haus dan lapar. Harapan terbuka ketika datang sorang perempuan Samaria  dengan  timba  untuk  menimba  air  di  sumur  itu  dan Yesus meminta air minum kepadanya. 

Ada hal yang sangat penting yang mau ditonjolkan di sini bahwa  siapapun  pernah  berada  dalam  keadaan  sulit.  Ada ungkapan  hidup seperti roda berputar, artinya silih berganti keadaan  dialami  manusia.  Karena   hidup  itu  selalu  berada pada  perubahan.  Yesus  pun  mengalaminya,  dan  bukan kebetulan di  saat itu datang perempuan Samaria (yang tidak pernah diharapkan) hadir menjadi penolong.

Dunia  sekarang,  orang  terlalu  sulit  melihat  keluar, seakan-akan  hidup  merasa  tidak  memerlukan  orang  lain.  Ingat,  siapapun kita memiliki keterkaitan dengan orang lain. karena  itu  bangun  kepedulian  kepada  siapapun  dan kapanpun,  sebab  keluarga  kitapun  ada  sebagai  bukti  dari kepedulian Tuhan. Amin

DoaTuhan Yesus, ajarkan kami untuk selalu peduli agar kami dapat hidup saling memberi dan menerima, saling mengisi  dan mengasihi  karena  apa  yang  ada  pada  diri  kami  dan  keluarga adalah  pemberian-Mu  untuk  dipakai  dalam  kebersamaan. Amin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here