RHK Selasa, 14 Juli 2015

0
2139

Jangan Memandang Rendah Bapak dan Ibumu

Efesus 6:1-3

Dalam kebudayaan Romawi pada masa hidup Paulus, terdapat sangat banyak hal yang membahayakan anak-anak. Kebebasan anak-anak dikekang. Hal ini membuat anak-anak memberontak kepada orang tuanya.

Paulus menasehati agar supaya anak-anak tetap patuh dan hormat kepada orang tuanya. Menurut Paulus, ini adalah perintah yang pertama. Maksudnya ialah bahwa perintah ini adalah perintah pertama yang harus diajarkan kepada dan diingat oleh seorang anak Kristen. Penghormatan yang dimaksud Paulus di sini bukanlah sekedar penghormatan basa-basi. Cara untuk menghormati orang tua adalah mematuhi perintah orang tua, menghargai mereka dan sekali-kali tidak membuat mereka susah atau sakit hati.

Belajar dari bacaan kita hari ini, sebagai keluarga Kristen, kita dinasehati apalagi sebagai anak-anak agar tetap menaruh hormat dan tidak memandang rendah kepada orang tua dalam eksistensi (keberadaan) mereka. Karena ketika kita melakukan Firman Tuhan ini, maka berkat-Nya akan diberikan hari ini dan di masa yang akan datang. Amin.

Doa:  Ya Tuhan, ajarlah kami agar tidak memandang rendah orang tua kami, berkati orang tua dan keluarga kami serta beri umur panjang, lanjut usia dan sejahtera kepada kami, kini dan selamanya. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here