RHK Selasa, 16 Desember 2014

0
1315

Lambat Namun Tidak Pernah Terlambat

Zefanya 3:15-18, 20

Keluarga yang diberkati Tuhan, ada pepatah lama yang mengatakan “biar lambat asal selamat, tidak lari gunung dikejar” artinya sesuatu yang dikerjakan hendaknya selalu berhati-hati dan tidak tergesa-gesa, agar mendapat hasil yang baik. Dalam menjawab doa dan harapan kita, hampir selalu cara kerja Tuhan memberi kesan seperti peribahasa di atas. Kita sering dibuat bertanya dengan perasaan kuatir dan cemas tentang kapan dan bagaimana cara Tuhan menjawab doa-doa kita. Pada bagian firman Tuhan kali ini kita membaca bahwa janji Tuhan terhadap apa yang akan dilakukan-Nya terhadap Israel sungguh merupakan berita yang tidak hanya menghibur tapi juga menguatkan, namun masalahnya tidak terletak pada apa yang dikatakan oleh Tuhan melainkan kapan Tuhan akan melakukannya.

Dalam perjalanan hidup keluarga Kristen, pertanyaan seperti ini pun seringkali muncul, terutama bila ada kondisi mendesak yang segera membutuhkan jawaban dan jawaban terhadap persoalan itu hanya dapat diperoleh dari pihak Tuhan. Namun demikianlah, Tuhan seperti apa yang dikatakan dalam 2 Petrus 3:9a “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian” sebab bagi Tuhan proses menentukan hasil akhir atau sebaliknya hasil akhir ditentukan oleh proses, oleh sebab itu keluarga Kristen senantiasa didorong untuk menghayati dan menikmati janji Tuhan dalam proses menurut cara dan waktu Tuhan. Pertolongan Tuhan memang sering memberi kesan amat lambat namun sesungguhnya pertolongan-Nya tepat pada waktunya, tidak pernah terlambat. Amin. 

Doa: Ajarlah keluarga kami supaya dengan tabah dan sabar dapat menanti setiap janji-janji Tuhan yang tidak pernah terlambat itu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here