RHK Selasa, 17 Mei 2016

0
1993

Hidup Adalah Suatu Pilihan

Roma 8:5-8

Hidup adalah suatu pilihan. Setiap pilihan pasti akan membawa konsekuensi. Salah dalam memilih pasti akan mem-bawa akibat yang tidak baik.

Rasul Paulus dalam bacaan kita menjelaskan tentang hidup yang dipimpin oleh Roh dan mempertentangkannya dengan hidup menurut daging. Orang yang hidup menurut daging memikirkan hal-hal yang dari daging. Seluruh perhatian diarahkan pada hal yang jahat dan berpusat pada keinginan di luar Kristus. Sebaliknya memikirkan hal-hal yang dari Roh ialah mengikhtiarkan dan mengejar apa yang dikehendaki oleh Roh dan menyenangkan Allah. Orang yang dipimpin Roh senantiasa ingin memusatkan pikiran dan perbuatan mereka pada hal-hal yang bersifat rohani.

Kedua cara hidup ini menuju pada arah yang berbeda. Kehidupan yang dikuasai oleh keinginan dan aktivitas manusia yang berdosa menuju pada maut. Sedangkan yang dipimpin oleh Roh, berpusat pada Kristus dan menuju kepada hidup dan damai sejahtera.

Bagaimanakah hidup kita? Masihkah kita hidup menurut daging. Kalau demikian adanya maka bertobatlah, hiduplah dalam pembaharuan oleh kasih supaya kebinasaan terhindari dan keselamatan ternikmati. Hidup Keluarga Kristen harus terus menerus memberi diri dipimpin oleh Roh Kudus, tetap mengasihi walau tersakiti, tetap memberi sekalipun dalam kekurangan, tetap sabar meski dihina, mengucap syukur walau dalam kesulitan keuangan, mengendalikan diri tanpa dikuasai oleh rasa marah yang berlebihan. Dengan melakukan semua itu maka kita akan mengalami damai dan sejahtera. Amin.

Doa: Ya Tuhan tolonglah keluarga kami untuk menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan daging yang tidak membawa damai sejahtera. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here