RHK Selasa, 18 Juli 2017

0
1220

Memberi dengan Rela dan Apa yang Ada Pada Kita

2 Korintus 8:10-11

Memberi, mudah untuk diucapkan tetapi sulit untuk  dilakukan. Secara manusiawi, orang lebih suka menerima dari pada memberi. Jangankan memberi barang, uang atau sesuatu yang lain, memberi ucapan terima kasih saja terhadap orang lain sering diabaikan. Kalau kita mau jujur, pasti kita akan katakan lebih enak menerima daripada memberi. Kenapa? karena kalau menerima kita ketambahan, sedangkan kalau memberi kita kekurangan.

Memberi memang sesuatu yang sangat sulit dilakukan, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan.Ada dua syarat untuk bisa memberi. Pertama, harus rela hati dan kedua, harus dengan yang ada pada kita, bukan dengan yang tidak ada pada kita.  Jika ini tidak dipenuhi, maka yang terjadi adalah, memberi hanya sampai diucapan bibir atau rencana saja tanpa direalisasikan sebagaimana yang terjadi pada jemaat di Korintus sehingga Paulus memberi nasihat untuk menyelesaikannya dengan rela yang berarti bersedia dengan ikhlas hati tanpa mengharapkan imbalan atau sesuatu yang diberikan karena kesediaan untuk memberi tanpa merasa terpaksa. Dengan apayang ada pada mereka, maksudnya, dari sesuatu yang ada pada mereka. Berarti kalau tidak ada jangan dipaksakan atau diadakan bukan dari miliknya.Oleh sebab itu sebagai keluarga Kristen, mari kita bantu lain dengan rela hati dengan yang ada pada kita. Semoga Tuhan menolong dan memampukan kita untuk melakukannya. Amin.

Doa: Tuhan Yesus, Engkau telah mengajar kami untuk dapat membantu orang lain dengan rela dan dengan apa yang ada pada kami. Tolonglah kami untuk dapat melakukannya dengan baik sesuai dengan talenta-talenta yang Engkau anugerahkan pada kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here