RHK – Selasa, 18 September 2012

0
1179

Garam
Matius 5:13a

 

Kamu adalah garam duniaMau coba makan makanan yang tanpa garam? Rasanya pasti tidak enak dan hambar. Garam adalah zat yang berfungsi antara lain untuk menyedapkan masakan. Kalau masakan lezat banyak orang senang, makanan laris manis, kadang-kadang minta dibungkus lagi. Tuhan Yesus mengatakan bahwa orang percaya adalah sodium klorida(garam), adalah zat yang menyedapkan.

Artinya bahwa orang percaya harus mampu membuat dunia dengan kejahatan, dunia yang penuh dengan kemiskinan, dunia yang penuh dengan penderitaan ini menjadi enak dan sedap. Namun demikian, dunia ini masih memiliki nilai-nilai hidup yang harus dilestarikan dan diawetkan agar dapat dinikmati oleh generasi ke generasi. Di sini juga peran kita sebagai “garam” yang mengawetkan untuk mewariskan nilai-nilai itu bagi anak, cucu dan sesama manusia. Bagaimana keluarga kita bisa membuat orang-orang di sekitar kita merasa enak? Mudah saja. Kalau kita makan enak kita tersenyum, wajah berseri-seri dan tak henti hentinya mengeluarkan kata-kata pujian. Maka sebagai keluarga, kita bisa membuat orang lain merasa enak bila kita mulai dengan senyum. Dunia seperti cermin, merenggutlah maka ia akan merenggut padamu, tersenyumlah maka ia akan tersenyum padamu. Ketika kita bersikap ramah, baik dan sopan; maka kita sudah menyedapkan lingkungan sekitar kita. Ketika kita lebih banyak mengeluarkan kata-kata yang positif, kata-kata yang baik, bukan kata-kata makian dan fitnah; maka kita telah menjadi garam bagi orang yang berduka, bagi orang yang sedang bersedih, bagi orang yang kita kasihi dan bahkan bagi orang jahat dan orang asing sekalipun. Amin.

 

 

Doa: Tuhan Yesus, ketika orang di sekitar kami suka berbuat jahat, pemarah, pendendam, suka mencuri, suka memaki, bertengkar, berzinah, malas, mampuhkanlah kami menjadi contoh. Kami ingin keluarga kami, semakin baik, hidup dalam kasih dan kebenaran, menjaga mulut tetap bersih, rajin bekerja, rajin belajar dan beribadah. Amin.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here