RHK Selasa, 2 September 2014

0
1182

Melibatkan Tuhan dalam Perencanaan

Yakobus 4 : 15

Setiap orang memiliki keterbatasan fisik dan ketidak mampuan menjangkau masa depan. Hal itu seharusnya diakui dalam setiap ungkapan dan tindakannya, sehingga setiap tindakannya terarah pada suatu kesadaran bahwa ia membutuhkan pihak lain, tapi juga agar ia terhindar dari suatu tindakan yang membanggakan diri.

Bacaan hari ini merupakan ajakan Yakobus bagi orang Kristen dijamannya untuk mampu mengungkapkan keyakinannya, yakni peranan Tuhan dalam hidup dan setiap usaha manusia. Totalitas hidup dan usaha manusia sangat bergantung pada kehendak Tuhan. Tuhanlah yang menetapkan batas hidup manusia, demikain juga keberhasilan dan kesuksesan. Oleh sebab itu hendaklah setiap orang Kristen meyakini dan berucap: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu. Keyakinan ini menggambarkan betapa terbatasnya kemampuan manusia. Tuhan dapat  menetapkan hidup matinya manusia, demikain pula keberhasilan dalam setiap usaha umat-Nya. Oleh sebab itu manusia harus menyadari ketergantung dan memasrahkan diri terhadap Tuhan sang pencipta.

Keyakinan ini jugalah yang harus terwujud dalam kehidupan setiap orang Kristen sekarang ini. Oleh sebab itu sebagai keluarga Kristen kita diingatkan untuk menerapkan keyakinan tersebut dalam hidup dan kerja kita, mulai dari keluarga kita kemudian dalam persekutuan jemaat dan masyarakat. Kita yakin bahwa Tuhan memiliki rancangan yang indah bagi kita yaitu rancangan damai sejahtera. Amin.

Doa:Ya Tuhan kami percaya bahwa kami tergantung padaMu dalam hidup dan usaha kami. Kami juga percaya pada rancanganMu yang indah bagi kami. Sebab itu buatlah kami selalu memasrahkan hidup dan usaha kami dalam rancanganMu yang penuh damai sejahtera. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here