RHK Selasa, 24 April 2018

0
1678

Sinergisitas dalam Persekutuan

Ester 4:5-6

Dalam persekutuan hidup, apakah di keluarga, di tempat kerja ataupun dalam perkumpulan beberapa orang, biasanya ada yang disebut pemimpin, koordinator atau yang dipercayakan untuk mengatur dan ada orang yang membantu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya bersama maupun masing-masing. Persekutuan hidup seperti ini akan kuat dan kokoh jika ada sinergisitas (kerja sama) satu sama lain atau antara tiap-tiap anggotanya. Sebaliknya jika tidak ada sinegisitas, maka per-sekutuan hidup itu terancam tidak sampai kepada tujuan bersama bahkan perpecahan dan  perceraian  alias bubar. Tentu hal ini tidak dikehendaki siapapun.

Sinergisitas atau perilaku kerja sama ditunjukkan oleh Ester dan Hatah. Ester yang kedudukannya lebih tinggi memberi perintah kepada seorang sida-sida yang bernama Hatah, dan Hatah pun melakukan apa yang diperintahkan kepadanya untuk menanya-kan kepada Mordekhai apa yang sebenarnya terjadi. Seandainya Ester tidak peduli pada Hatah, ataupun seandainya Hatah tidak mau mendengarkan Ester, pasti tujuan untuk mengetahui apa yang terjadi pada Mordekhai tidak akan tercapai. Tujuan dapat tercapai karena satu sama lain melaksanakan perannya dan saling menghormati.

Hidup sebagai keluarga Kristen dapat diterpa dengan berbagai tantangan dan masalah hidup yang datang dari luar maupun dari dalam keluarga sendiri. Ada yang langsung diketahui tapi tidak sedikit yang tidak kita ketahui. Misalnya ada masalah yang terjadi pada anak, maka orang tua dan anggota keluarga yang lain dapat bekerjasama, saling menyapa dan berkoordinasi sehingga dapat mengetahui bahkan dapat menolong anggota keluarga yang lain jika ia bermasalah. Jika ini kita lakukan, keluarga kita pasti semakin kuat, jika tidak, maka tanda awas buat keluarga kita. Tuhan memberkati keluarga kita. Amin.

Doa: Tuhan, Engkaulah sumber hidup dan kekuatan kami. Banyak tantangan, masalah, godaan dan rintangan dapat menerpa setiap anggota keluarga kami. Tolonglah kami supaya kami dapat terus bekerja sama untuk mengetahui dan mengatasinya dalam tuntunan Roh-Mu yang kudus. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here