RHK Selasa, 26 Januari 2016

0
1809

Hidup Saling Membutuhkan

Imamat 19:10

Hukum dalam kehidupan orang Israel yang merupakan pengembangan dari dasa titah. Ini dipahami dalam konteks bahwa Israel adalah umat yang dikuduskan. Aturan Allah mengikat umat. Praktek hidup umat dilaksanakan pada waktu panen hasil dan panen gandum.

Umat diajar untuk tidak serakah, kikir, dan rakus. Kita harus jujur ​​dan benar dalam semua urusan. Israel memahami bahwa Allah yang memberikan kepada umat ladang, kebun-kebun anggur, dan waktu panen. Karena itu adalah kewajiban umat untuk menunjukkan syukur dengan membagi berkat dengan orang miskin dan orang asing. Pemberian ini menuntut tindakan aktif dari orang miskin dan asing untuk bekerja mengumpulkan yang telah disisihkan, artinya ada upaya pemberdayaan bagi orang yang dibantu atau membiarkan kemalasan ada pada mereka.

Refleksi bagi kita masa kini bahwa kita tidak hidup sendiri di dunia ini. Kita selalu membutuhkan sesama tetapi sebaliknya juga ada masa kita dibutuhkan sesama. Belajar dari Israel bahwa hidup membagi berkat adalah bentuk loyalitas kepada Allah yang diwujudkan pada kasih kepada sesama. Kadang-kadang dalam menjalani kehidupan ini, kita melupakan orang-orang di sekitar kita yang butuh pertolongan. Padahal Yesus Kristus telah mengajar kita untuk hidup tidak hanya melihat diri sendiri, tetapi hidup untuk berbagi kasih dengan sesama. Amin.

Doa: Terima kasih atas anugerah yang berkelimpahan dalam kehidupan kami sehingga kami mampu memenuhi kebutuhan hidup. Kami meyakini bahwa Tuhan turut berproses dan kehidupan kami. Karena itu ajarlah kami, untuk tidak melupakan sesama yang butuh pertolongan kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here