RHK Selasa, 27 Februari 2018

0
1769

Kami Dapat

Markus 10:39

Kami dapat merupakan pernyataan yang menunjukkan semangat dan keberanian serta komitmen terhadap sesuatu yang diingin-kan. Menjawab tantangan Yesus untuk ikut menderita, Yakobus dan Yohanes berkata “kami dapat”. Dengan optimis kedua bersaudara ini mengaminkan bahwa mereka sanggup minum cawan yang Yesus minum dan dibaptis dengan baptisan yang Yesus terima. Jawaban ini jika disoroti secara positif, mereka tahu akan menghadapi penderitaan dalam mengikuti Kristus; mereka mengambil keputusan untuk tetap mengikuti Dia. Tetapi secara negatif kata ‘kami’ menunjukkan bahwa mereka terlalu percaya diri dan hal ini sangat berlebihan sehingga menyebabkan mereka jatuh. Padahal waktu Kristus ditangkap mereka semua mening-galkan-Nya dan lari.

Kebesaran/kemuliaan itu harus ditempuh dengan jalan penderi-taan/pengorbanan, hal ini diumpamakan oleh Yesus dengan istilah ‘meminum cawan dan dibaptis’ seperti yang Yesus terima. Jawaban  ini merupakan suatu nubuat tentang kematian syahid dari Yakobus (Kis. 12:2) dan pembuangan Yohanes ke pulau Patmos (Why. 1:9), yang merupakan penderitaan yang mereka alami demi Kristus. Sekalipun mereka sanggup menempuh dengan jalan penderitaan, namun posisi yang mereka minta, Allah Bapa yang menentukan. Posisi itu tidak dapat diminta oleh siapa pun.

Keluarga Kristen, Firman Tuhan saat ini memberi pelajaran bagi kita bahwa dalam melayani janganlah bersandar pada kekuatan diri sendiri dan jika kita menderita karenanya bukanlan menjadi alasan untuk mengharapkan sesuatu demi kepentingan diri.

Doa: Tuhan mampukan kami untuk tidak mengandalkan diri sendiri dalam melayani-Mu. Teguhkan kami agar dapat meng-ambil bagian dalam penderitaan-Mu dalam pelayanan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here