RHK Selasa, 6 Oktober 2015

0
2318

Imam Membaca Kitab, Umat Mendengar dan Mengerti Isinya

Nehemia 8:4

          Sebagaimana yang kita tahu bahwa orang tua dalam keluarga berfungsi sebagai Imam bagi seisi keluarga. Dalam fungsi itu setiap orang tua bertanggung-jawab untuk menun-tun kehidupan keluarga dalam iman kepada Tuhan, bertitik-tolak dari Alkitab sebagai Firman Allah menuju hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

          Pembacaan Alkitab kita hari ini mengedepankan ten-tang fungsi Imam Ezra memotivasi kehidupan umat dalam pembaharuan dan kebangunan rohani agar senantiasa ber-syukur kepada Tuhan yang telah menyertai mereka dalam pembangunan kembali tembok kota Yerusalem tempat kediaman mereka di tengah berbagai pertentangan yang gigih. Oleh sebab itu, memenuhi permintaan umat Israel sebagaimana pembacaan Alkitab kita kemarin, maka Imam Ezra membacakan beberapa bagian dari Kitab Taurat Musa dari pagi sampai tengah hari, dan seluruh umat yang berkumpul (laki-laki dan perempuan) tekun mendengar serta mengerti isinya.

              Seisi keluarga kita, perlu menyadari fungsi orang tua sebagai Imam dalam keluarga. Sebab mereka bertanggung-jawab, mengajar dan membangun kehidupan beriman ke-luarga kita sebagaimana yang dibaca dan diajarkan dalam Alkitab. Sebagai anak kita harus tekun mendengar nasihat orang tua karena itu yang difirmankan Allah dalam Alkitab. Dan semua nasehat Firman itu dapat kita mengerti karena kita yakin Roh Kudus senantiasa menerangi hati dan pikiran kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan, kami bersyukur kepada-Mu sebab hari ini Engkau mengingatkan kembali fungsi ke-Imaman dari orang tua dalam keluarga kami. Kiranya Roh Kudus menolong kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here