RHK Selasa, 9 Desember 2014

0
1516

Firman Merobah Karakter

Yesaya 2:4 

Karakter adalah watak, sikap, perilaku,kelakuan yang terbentuk dari berbagai aspek, apakah bawaan dari keturunan, pembentukan dalam keluarga maupun dari lingkungan hidup sehari-hari. Karakter yang  terbentuk sejak kecil sangat sulit untuk dirobah tetapi itu dapat dilakukan. Dalam Alkitab ternyata orang yang bertemu dengan Tuhan dan pengajaran-Nya, karakternya dapat berubah. Dari jahat dapat berubah menjadi baik. Demikianlah yang disebutkan dalam ayat 4 ini, bahwa bangsa-bangsa yang mendapatkan pelayanan Firman (ayat 3) dan mengakui bahwa Allah adalah hakim antara bangsa-bangsa dan wasit bagi banyak suku bangsa, karakter mereka diubahkan dari suka berperang menjadi suka damai. Mereka mengubah alat-alat perang menjadi alat-alat pertanian. Pedang menjadi mata bajak, tombak menjadi pisau pemangkas. Dengan kata lain tadinya mereka jahat menjadi baik dan suka damai.

Dari pembacaan ini kita dapat belajar bahwa, jika kita belajar tentang Firman Allah dan mengakui-Nya maka karakter kita akan diubahkan menjadi orang-orang yang suka damai. Hal ini sama dengan apa yang dikatakan dalam 2 Timotius 3:16-17, bahwa “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik”.  Semoga hal ini terwujud di tengah keluarga kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan, terima kasih buat firman-Mu yang selalu mengajar kami tentang kehendak-Mu, kiranya kami diubahkan menjadi orang-orang yang suka damai di tengah keluarga, jemaat dan masyarakat. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here