RHK Senin, 11 Januari 2016

0
2075

Kehormatan Dari Dalam Debu Dan Lumpur

1 Samuel 2:8

Keluarga Kristen yang diberkati Tuhan, debu dan lumpur selalu identik dengan hal-hal yang kotor dan bau, malah ada lumpur yang dapat mengakibatkan kematian bila kita terperosok ke dalamnya. Tidak ada orang yang suka masuk ke dalam lumpur atau menjadi kotor karena debu bila tidak terpaksa. Hampir setiap orang pasti akan menghindari debu dan lumpur. Tetapi pada bagian firman Tuhan ini, kita membaca bahwa Hana mengiden-tikkan dirinya bagaikan orang yang berada di dalam debu dan lumpur. Karena keadaannya yang tidak memiliki anak, “mandul” mengakibatkan ia merasa tak bernilai dan berharga, seperti debu dan lumpur. Kenyataan ini tentu menyakitkannya sehingga ia merasa miskin dan hina, di hadapan Tuhan ia membawa pergu-mulannya dan memohon belas kasih Tuhan. Lalu Tuhan men-jawabnya, sehingga pada bagian firman inipun kita menyaksikan bagaimana ungkapan sukacita Hana yang mengalami perto-longan Tuhan. Ia yang tadinya merasa bagaikan berada di dalam debu dan lumpur, sebagai orang hina dan miskin, sekarang bersukacita dan merasa kaya dan terhormat bagaikan bangsawan yang memiliki kursi kehormatan semua ini diakuinya sebagai akibat pertolongan dan campur tangan Tuhan dalam masalah yang dihadapinya.

Keluarga yang diberkati, itulah sebabnya bagian ini meng-ajarkan kepada kita supaya mengandalkan Tuhan dengan membawa setiap pergumulan hanya kepadaNya, sebab bagai-manapun beratnya pergumulan kita dan keadaan kita yang miskin dan hina, bila Tuhan menolong maka Ia dapat meng-gantikan debu dan lumpur menjadi kemuliaan. Amin.

Doa: Ya Tuhan ajarkanlah kami untuk selalu percaya, bersandar dan berharap serta mengandalkan-Mu dalam setiap pergumulan hidup keluarga kami termasuk di dalamnya kebutuhan, cita-cita dan harapan kami di masa yang akan datang. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here