RHK Senin, 14 Juli 2014

0
1153

Mencuri adalah Dosa

Keluaran 22:1

Tema renungan kita hari ini ialah “Mencuri adalah dosa”. Tema ini berangkat dari pemahaman kita atassepuluh hukum Musa, lebih khusus pada hukum kedelapan (Kel.20:15).  Barang siapa yang melakukan perbuatan mencuri, seperti mencuri lembu dan domba, ia akan berhadapan dengan berbagai kosekuensi hukum sebagaimana yang dijelaskan pada bagian alkitab kita hari ini. Bahwa selain perbuatan mencuri melawan hukum, sipencuri juga diharuskan untuk membayar ganti rugi, yakni 5 ekor lembu dan empat ekor domba. Ganti rugi menjadi keharusan mengingat lembu dan domba adalah binatang yang sangat berharga bagi orang Israel. Karena lembu dipakai untuk mengangkat dan memindahkan barang, dan domba rambutnya dicukur menjadi wol dan dagingnya juga dimakan. Pemberian Hukum atau peraturan bertujuan untuk melindungi lembu dan domba dari pencurian, sekaligus menjaga agar kelangsungan hidup umat Israel tetap berjalan.

Keluarga adalah tempat yang sangat penting untuk memperlengkapi setiap anggota keluarga agar terhindar dari perbuatan dosa. Karena itu, menjadi penting bagi setiap keluarga Kristen di dalamnya orang tua dan anak-anak untuk memanfaatkan ibadah dan doa.  Sebab melalui ibadah dan doa, setiap orang dihentar dan dituntun untuk selalu mengasihi Tuhan sekaligus mengasihi sesama manusia.Amin.

Doa:Terima kasih Tuhan untuk Firman-Mu saat ini. Kuatkan kami dan pimpin kami melali Roh Kudus-Mu agar kami selalu terhindar dari perbuatan-perbuatan yang mendatangkan dosa. Amin. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here