RHK Senin 16 Desember 2013

0
1119

Hormatilah mereka yang bekerja
1 Tesalonika 5:12-13

Paulus sungguh mengakui bahwa keterlibatan para tua-tua dan mereka yang disebut gembala ketika itu memiliki peran yang amat penting dalam upaya penyebaran kekristenan di Jemaat Tesalonika. Dan bahwa ketika itu mereka telah bekerja bersunggu-sungguh dalam membantu Paulus, dan karena itu bukanlah hal yang berlebihan apabila Paulus mengajak jemaat untuk memberi penghargaan dan menghormati mereka.

Ajakan Paulus tersebut tidaklah semata-mata karena alasan budaya atau kebiasaan dalam masyarakat, tetapi sebagai suatu tanggung jawab moril yang patut diberikan kepada setiap orang yang berjasa apalagi karena telah bekerja keras dalam pengabdiannya.

Pertanyaan yang perlu kita jawab di tengah perenungan menyongsong Natal, adalah, adakah kita mengingat mereka yang disebut tua-tua atau yang telah berjeripayah dan yang bekerja keras di antara kita? Apakah sampai kini mereka telah diberi penghargaan dan dihormati? Dan kalau ada sampai kapan penghargaan itu terus kita berikan sebagai tanda pertanggung jawaban iman pada kehendak Kristus? Semoga persiapan menyongsong Natal membuat kita semakin menghargai mereka yang telah banyak mengabdikan hidup untuk kesejahteraan kita. Amin.

Doa: Ya Allah, tolonglah agar setiap kami belajar firmanMu kami mengerti dan dapat melakukan maksudMu termasuk menghargai para pemimpin. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here