RHK Senin, 17 Agustus 2015

0
2289

Merdeka dan Peduli Sesama

Yeremia 29:1

          “Negara kita telah merdeka, marilah kita isi kemer-dekaan itu dengan pembangunan” demikianlah bunyi kalimat yang sering kita dengar dan diucapkan banyak orang. Merdeka berarti bebas untuk menentukan sikap, pikiran, bahkan tindakan kita sendiri tanpa ada perasaan takut. Namun yang sangat penting untuk diperhatikan adalah belum meratanya pembangunan sehingga banyak daerah-daerah tertentu belum merasakan arti dan nilai dari kemerdekaan itu sendiri. Misalnya banyak daerah yang masih terisolasi karena sulitnya akses jalan yang dapat dijangkau oleh kendaraan, sehingga kehidupan penduduk terasa terasing dan belum mendapat sentuhan masyarakat luar. Makanya perputaran ekonomi dan lajunya pembangunan bersifat statis dan sulit berkembang.

Kita perhatikan kepedulian nabi Yeremia terhadap bangsa Yehuda yang sebelumnya di zaman raja Daud dan raja Salomo kehidupan umat Tuhan di kota Yerusalem sangatlah sejahtera. Tetapi ketika di jaman raja Yoyakhin, Yerusalem dihancurkan sehingga kesejahteraan yang sebelumnya dirasakan berubah menjadi kepahitan, ketika mereka alami dengan hidup dalam pembuangan. Maka nabi Yeremia mengirimkan surat kepada mereka sebagai tanda kepedulian. Sekarang sudahkah kita peduli dan siap membantu orang yang mengalami kesulitan dan hidup dalam kekurangan bahkan tekanan?

          Keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat, makanya diperlukan pembenahan dan perbaikan kehidupan keluarga melalui ekonomi dan pendidikan. Ayah dan ibu jadilah teladan bagi anak-anak, dan anak-anak jadilah teladan di rumah, di sekolah dan lingkungan kita. Isilah kemerdekaan yang sudah kita raih dengan hidup pedui kepada sesama. Amin.

Doa: Ya Allah Bapa, kami mengucap syukur kepada-Mu karena hari ini kami merayakan HUT kemerdekaan yang ke 70. Kiranya makna dan hasil kemerdekaan ini dapat dinikmati oleh mereka yang hidupnya terasing, kesulitan karena kekurangan bahkan ketakutan karena tekanan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here