RHK Senin, 2 Oktober 2017

0
1396

Menentukan Prioritas

Kisah Para Rasul 6:2

Ada ungkapan yang mengatakan hidup adalah pilihan. Bahkan tidak memilih apapun adalah pilihan untuk tidak memilih. Setiap hari kita diperhadapkan dengan berbagai pilihan. Mulai dari bangun pagi sampai tidur malam. Meskipun demikian membuat pilihan bukan sesuatu yang mudah. Tidak ada orang yang benar-benar mahir dalam membuat pilihan. Apalagi bila pilihan itu sama-sama penting. Dalam bagian ini kita membaca para rasul dituntut untuk membuat pilihan antara pemberitaan Firman Tuhan dan Pelayanan meja. Kebingungan para rasul menunjukkan pentingnya dua pelayanan ini yang tidak boleh diabaikan. Sebab yang satu menunjuk pada kebutuhan rohani, sedang-kan yang lain pada kebutuhan jasmani. Menentukan prioritas pilihan memang tidak mudah. Apalagi menyangkut kebutuhan rohani dan jasmani. Ada keluarga yang terlalu memperhatikan pelayanan jasmani sebaliknya yang lain pelayanan rohani. Akibatnya terjadi ketimpangan dalam keluarga karena peng-abaian terhadap salah satu kebutuhan yang sama sama penting.

Dalam bagian firman ini para rasul memilih untuk tidak mengabaikan yang lain melainkan memilih dan mendelegasi-kan tanggung jawab pada yang lain. Kita diajar bijaksana karena kadang kadang bukan kebutuhan yang harus diabai-kan melainkan perlunya pendelegasian tugas dan pembagian kepercayaan serta tanggung jawab kepada anggota keluarga yang lain sehingga setiap kebutuhan dapat terpenuhi. Amin.

Doa: Terpujilah Engkau ya Bapa di Sorga, sumber hidup dan berkat kami. Tolonglah kami supaya dapat mengambil keputusan yang tepat dan mampu menentukan prioritas hidup yang memuliakan nama-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here