RHK Senin, 21 Januari 2019

0
677

Umat yang Dengar-dengaran

 Keluaran 23:22-23

Sangat jelas jika seorang anak dengar-dengaran, pasti akan memperoleh kasih sayang yang besar dari orang tua. Begitupun ketika seorang murid dengar-dengaran di sekolah akan mendapatkan perhatian dari guru-guru, ataupun menjadi anak yang cerdas dan pandai. Karena itu, baik orang tua di rumah ataupun guru-guru di sekolah selalu mengajar dan meng-ingatkan agar anak-anak menjadi dengar-dengaran di rumah dan di sekolah.

Keberadaan umat Israel sangat ditentukan oleh kedengar-dengaran pada perintah dan firman Tuhan. Dengan demikian mereka akan memperoleh kasih karunia dari Tuhan Allah. Kasih karunia yang mereka peroleh dalam bentuk janji Tuhan untuk ada di depan ketika mereka berhadapan dengan para musuh, sebagaimana firman Tuhan “…maka Aku akan memusuhi musuhmu dan melawan lawanmu”. Kekuatan yang besar untuk menghadapi para musuh umat Israel datangnya dari Tuhan Allah, yang dinyatakan melalui kehadiran malaikat. Oleh-Nya, umat Israel akan mampu mengalahkan orang Amori, orang Het, orang Ferits, orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus. Bersama Tuhan melalui malaikat bangsa Israel akan memperoleh kemenangan yang besar.

Firman Tuhan ini, mengajar dan mengajak keluarga kita untuk dengar-dengaran pada Firman Tuhan dan melakukan itu dalam kehidupan keseharian. Hanya dengan Firman Tuhan maka keluarga kita akan kuat menghadapi berbagai pencobaan dan bersama Tuhan kita akan menjadi pemenang. Amin.

Doa:  Ya Tuhan, ajarlah kami selalu untuk dengar-dengar pada Firman-Mu. Karena hanya Firman-Mu yang adalah kekuatan kami untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan. Amin.