RHK Senin, 21 Maret 2016

0
1540

Raja Yang Berbeda

Markus 15:2

Pertanyaan Pilatus didasarkan atas keingintahuannya akan Yesus karena orang-orang Yahudi menuduh Yesus telah mengklaim diri sebagai raja dalam artian politik. Yesus men-jawab ya atas pertanyaan Pilatus, tetapi dalam artian rohani. Namun Pilatus tidak memahaminya.

Lewat jawabannya kepada Pilatus, Yesus ingin mene-gaskan bahwa konsep “raja” yang dimiliki-Nya, sama sekali berbeda dengan yang dimiliki oleh Pilatus dan para imam Yahudi yang telah membungkusnya dengan tujuan politis. Hal ini juga membuktikan bahwa ketika kita tidak mau membuka hati dan mata kita kepada kehendak dan rencana Allah, maka seringlah kita salah mengerti tentang kehendak-Nya.

Konsep kekuasaan, kekayaan dan kejayaan yang kita maksudkan tentang “Yesus adalah Raja”, terkadang berbeda dengan tujuan Kristus yang sebenarnya. Kita menghendaki yang material nampak hebat, tetapi Yesus menginginkan kita mendekat pada Kerajaan Allah. Selalu saja manusia mengukur kasih Allah itu dari hal-hal yang materialistis, padahal Allah menginginkan harta rohani yang dicari dulu. Kita memang terkadang tidak mau mengerti kehendak Yesus dalam kehidupan, namun kita dituntut untuk memahami dan melakukannya. Amin.

Doa: TUHAN, mampukan kami oleh Roh Kudus-Mu untuk mampu mengerti tentang rencana dan kehendak-Mu untuk kehidupan kami, terhadap kasih-Mu yang menyelamatkan  serta melihat jalan-jalan-Mu yang Engkau kehendaki bagi kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here