RHK Senin, 22 Desember 2014

0
1686

Dari Bethlehem Efrata, Akan Bangkit Seseorang  yang Akan Memerintah Israel

Mikha 5:1-2

Betlehem Efrata, atau Betlehem Yehuda adalah kota Daud yang terkenal. Mengapa  disebut kota Daud? Itu  disebabkan karena nenek moyang Daud   berasal dari sana. Yesus Kristus, sang Mesias dinubuatkan lahir di sana, karena Mesias yang dijanjikan itu berasal dari keturunan Daud. Nabi Mikha menubuatkan bahwa dari kota ini akan bangkit bagi TUHAN seseorang yang memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak  purbakala, sejak dahulu kala.

      Ungkapan nabi Mikha ini agak sulit dimengerti, sebab pemimpin yang dimaksud, permulaannya sudah sejak purbakala. Artinya bahwa proses pemerintahan/ kepemimpinannya sudah di mulai sejak dunia dijadikan        (band. Yoh 1:1,14) Jika kita menelusuri figure kepemimpinan di Israel, atau sejarah raja-raja di Israel¸tentu  tidak ada yang memenuhi kriteria seperti yang di masksud. Karena itu nubuatan nabi Mikha tidak sekedar tentang raja Israel yang memerintah pada masa tertentu saja, tetapi tentang Dia yang memerintah dari kekal sampai kekal. Dalam keyakinan Kristiani, kita menerima dengan iman bahwa Dia yang dijanjikan itu adalah Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat¸ yang berkuasa dari kekal sampai kekal. Sebab itu marilah kita persiapkan hati  untuk menyambut   hari kelahiran-Nya. Biarlah hati kita bersorak-sorai menyambut Dia, sebagaimana sukacita Betlehem Efrata yang bersukacita karena menerima kabar tentang kedatangan-Nya. Amin. 

Doa: Ya Bapa Sorgawi, jadikanlah hati kami seperti umat yang ada di Betlehem Efrata yang bersukacita menyambut kedatangan  Sang Mesias, Juruselamat dunia. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here