RHK Senin, 25 Februari 2019

0
609

Dipilih dan Ditentukan untuk Diselamatkan

Roma 8:29-30

Kita mungkin pernah bertanya: “Mengapa dia yang terpilih?” Ada sebuah ilustrasi  yang menceritakan seseorang berhasil masuk sorga dan sangat terkejut ketika melihat banyak orang berada di sana. Penasaran dia bertanya kepada malaikat dan malaikat itu menjawab bahwa sebenarnya orang-orang itu hanya studi banding beberapa hari di sorga, sebab besok pagi-pagi sudah akan dikembalikan ke neraka.

Bacaan hari ini mau menjelaskan bahwa tidak semua orang yang menang merupakan orang yang dipilih dan ditentukan dari semula untuk menjadi alat kebaikan Tuhan. Dengan kata lain, kemenangan seseorang tidak dapat dijadikan ukuran sebagai kemenangan iman. Yang dapat menjadi ukuran iman adalah pertobatan sebagai jalan pembenaran untuk dibenarkan dan dimuliakan bersama Allah. Sekalipun kita sadar bahwa untuk melaksanakan rencana Allah yang mendatangkan kebaikan pasti diperhadapkan dengan berbagai bentuk perlawanan yang dapat membawa penderitaan, kesesakan, tekanan, bahkan ancaman maut. Tetapi dengan demikian kita telah menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, yakni Yesus Kristus yang menderita sengsara justru karena sebuah kebenaran sejati.

Sebagai keluarga Kristen yang dipilih dan ditentukan untuk diselamatkan maka kita  dimenangkan oleh kasih karunia Tuhan Allah di dalam Yesus Kristen. Amin.

Doa: Tuhan, pulihkanlah panggilan dan keterpilihan kami untuk siap menjadi serupa dengan gambar-Mu. Amin.