RHK Senin, 25 Mei 2015

0
2030

Pentakosta Menyatukan Orang Percaya

Kisah Para Rasul 2:1 

Biasanya dalam rangka merayakan hari raya keagamaan di Indonesia misalnya: Natal, Tahun Baru, Lebaran, ada kebiasaan masyarakat untuk pulang kampung atau mudik. Mudik biasanya dilakukan oleh para perantau/pekerja untuk kembali ke kampung halamannya, untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, sekaligus juga mengunjungi orang tua.

Kebiasaan mudik dihari raya juga sudah lama dikisahkan dalam Alkitab. Seperti misalnya ketika tiba hari raya Pentakosta semua orang percaya berkumpul di suatu tepat (Yerusalem). Kebiasaan ini bagi umat Yahudi bukan sekedar pulang kampung untuk bertemu dengan orang tua, saudara, sobat, kenalan dan kekasih hati, tetapi juga berjumpa dengan Allah dan mengingat karya-Nya yang memberikan hasil panen melimpah. Karya itu patut disyukuri.

Hari Pentakosta sebagai hari raya Kristiani juga mau memperingati dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem, pada 50 hari setelah kebangkitan Yesus. Pencurahan Roh Kudus ini adalah sesuai dengan janji Yesus sebelum terangkat ke Sorga.

Berkumpul bersama dengan keluarga, jemaat dan masyarakat dihari-hari raya khususnya Pentakosta adalah kesempatan yang sangat berharga untuk mensyukuri berkat Tuhan dan karya selamat-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ajarlah kami selalu untuk tahu mensyukuri karya-Mu yang agung dalam keluarga kami. Teristimewa persekutuan hidup di dalam Engkau yang telah mempersatukan kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here