RHK Senin, 3 Juli 2017

0
1097

Hidup Dalam Kecukupan

 Keluaran 16:15-16

Dewasa ini dalam kehidupan masyarakat ‘Postmodern” persaingan/kompetisi diberbagai aspek kehidupan tidak ter-hindarkan, sehinga berpengaruh juga pada kebutuhan hidup manusia. Realita hidup menunjukkan bahwa ada orang yang hidup dalam kemakmuran tetapi kemakmuran itu membawa mereka pada gaya hidup boros dan berfoya-foya, jauh dari pola hidup berkecukupan.

Bacaan di hari ini menceritakan bagaimana Tuhan memberi perintah, pungutlah burung puyuh dan manna sesuai dengan keperluan masing-masing. Umat Tuhan diajarkan untuk hidup dalam kecukupan, mengunakan berkat Tuhan dengan penuh tanggungjawab, serta memperhatikan kebutuhan hidup sesama. Mereka diberkati supaya menjadi berkat bagi orang lain. Supaya mereka hidup berdampingan dengan damai tidak ada yang berkelebihan dan yang berkekurangan. Hidup dalam kecukupan adalah hidup dalam Providensi (Pemeliharaan) Allah. Orang yang melangar ajaran tentang pemeliharaan Allah adalah orang yang rakus, yang mementingkan dirinya sendiri.

Sebagai keluarga Kristen firman Tuhan menuntun kita untuk hidup dalam keadilan-Nya dengan mempraktekkan pola hidup yang sederhana, mengambil berkat Tuhan sesuai dengan kebutuhan bukan dengan sesuai dengan keinginan. Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita untuk berdoa: Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukup-nya Amin. 

Doa: Ya Tuhan Pemelihara hidup umat manusia, berkatilah dan berikanlah hikmat-Mu bagi kami untuk hidup dalam kecukupan dan mengunakan berkat-Mu dengan kesadaran iman sehingga kami boleh menjadi berkat bagi sesama. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here