RHK Senin, 5 Oktober 2015

0
2642

Umat Berkumpul, Meminta Imam Membawa Kitab Taurat

Nehemia 8:1-3

Adalah hal yang biasa jika umat atau jemaat secara rutin dan terjadwal berkumpul untuk beribadah bersama. Dan tentu saja baik Pelayan dan Jemaat membawa serta per-lengkapan untuk ibadah seperti Alkitab, buku nyanyian dan Tata Ibadah.  Tetapi menjadi hal yang luar biasa ketika suatu perkumpulan itu dilakukan pada hari tertentu dan meminta agar Pelayan membawa Alkitab. Sebab bukankah seorang Pelayan yang juga pemimpin Jemaat dalam memperlengkapi iman Jemaat harus menjadi teladan membawa perlengkapan ibadah paling kurang, Alkitab sebagai sumber pemberitaan dan ukuran iman yang benar? Lalu mengapa umat yang berkumpul menurut Tema kita meminta agar Imam membawa Kitab Taurat?

          Pembacaan Alkitab kita hari ini hendak menjawab per-tanyaan yang muncul. Hal itu dilatarbelakangi oleh selesainya pembangunan kembali reruntuhan tembok Yerusalem dalam pimpinan Nehemia Gubernur Yehuda, dalam waktu 52 hari, sekalipun diperhadapkan dengan pertentangan yang gigih. Realita itu mengundang pembaharuan dan kebangunan rohani bagi umat Israel yang meyakini bahwa semua keberhasilan itu hanya karena anugerah Allah sebagaimana yang disampaikan melalui Firman-Nya.

          Kita pun sebagai satu persekutuan keluarga dimana orang tua sebagai Imam dalam keluarga, wajib untuk ber-kumpul dan beribadah bersama, disertai dengan perleng-kapan untuk ibadah. Tindakan ini bukanlah hanya sebagai kebiasaan atau seremonial semata, melainkan memiliki makna yang lebih dalam, yaitu suatu pembaharuan dan kebangunan rohani yang bersyukur karena Yesus Kristus yang adalah Firman sumber kehidupan, telah menjadi manusia dan diam dalam keluarga kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan, kami bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau adalah Firman bagi keluarga kami. Tolonglah orang tua dalam keluarga supaya dapat menjalankan fungsi imam yang taat bagi seisi  keluarga. Amin. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here