RHK Senin, 7 Maret 2016

0
1835

Carilah Tuhan

Mazmur 34:5–6 

Kalimat firman ini sangat dekat dengan kita: “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu” (Luk. 11:9,). Firman ini disampaikan Yesus saat Ia berdoa di salah satu tempat dan ketika Ia berhenti maka seorang murid bertanya kepada-Nya hal berdoa. Pernyataan ini juga seka-ligus menjelaskan bahwa Tuhan sangat dekat dengan mereka. Kata minta, cari, ketok dalam pemahaman ini tidaklah sesuatu yang menggampangkan segala keinginan atau kemauan kita tetapi senantiasa bermakna aktif. Maksudnya: adanya upaya, tindakan, usaha dari kita untuk menemukannya di dalam pertolongan Tuhan.

Tindakan Daud mencari Tuhan adalah bentuk keter-gantungannya hanya kepada-Nya, tetapi juga hendak mem-buktikan bahwa Daud sangat menyegani atau menghargai Tuhan dalam hidup berimannya sebagai sumber pertolongan. Kita sering mengalami kegagalan karena kurang bahkan melupakan hadirat Allah dalam menuntun keputusan dan tindakan. Padahal ketika kita mencari Tuhan adalah juga cara manusia untuk merasakan kehadiran Tuhan dalam kehidupan ini. Iman Daud adalah buktinya, dimana keberanian dan kebahagiaan terletak pada sikapnya yang mencari dan memandang Tuhan.

Pengalaman iman Daud ini kiranya juga memotivasi sekaligus spirit bagi keluarga kita dalam membangun relasi yang benar dengan Tuhan, dengan selalu mancari hadirat-Nya,  karena kata Daud : “Aku telah mencari Tuhan lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku”. Amin.

Doa: Ya Tuhan bentuklah kehidupan beriman keluarga kami untuk senantiasa mencari Engkau dalam segala situasi. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here