Rindengan Ajak GMIM Perhatikan Pertumbuhan Iman Anak Sekolah Minggu

0
2184

GMIM.or.id – Sabtu (23/01) Januari bertempat di jemaat Sion Tounelet Wilayah Sonder, digelar ibadah syukur tahun baru Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM yang dirangkaikan dengan temu Konselor/Penginjilan Anak se-GMIM. Pdt. Em. Marthin Luther Rindengan,S.Th yang dipercayakan sebagai khadim, lewat khotbahnya mengingatkan, GMIM sebagai gereja yang dewasa dan besar, hendaklah memperhatikan keberadaan pelayanan anak sekolah minggu.

Rindengan mengingatkan, hal ini sangatlah penting. Sebab, Gereja Masehi Injili di Minahasa memiliki tanggung jawab besar dalam pertumbuhan iman anak sekolah minggu. “Karena GMIM yang mengantar kita semua mengenal dan menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat kita. Ini, yang ingin saya gugah. Ada begitu banyak anak sekolah minggu, sedangkan yang menjadi konselor anak/penginjil untuk anak tidak sepadan dengan jumlah anak sekolah minggu saat ini,” beber Rindengan, mantan Ketua BPMJ Sion Winangun sebelum memasuki masa pensiun sebagai Pendeta GMIM.

Rindengan menegaskan, pertumbuhan iman anak sekolah Minggu menjadi tanggungjawab seluruh Pendeta dan Guru Agama GMIM, selain tugas dari para pelayan anak/guru sekolah Minggu. Secara gamblang, Rindengan mengungkap, pertumbuhan iman anak sekolah minggu GMIM, bukan hanya tanggung jawab orang tua, guru sekolah minggu. Tetapi, sebagai pendeta, guru agama, ini merupakan tanggung jawab bersama dalam kepelayanan. “Apakah kita harus menunggu Gereja non GMIM, seperti Gereja A misalnya. Apakah kita harus mempercayakan pertumbuhan iman seorang anak sekolah minggu kepada Gereja tersebut?,“tanya dalam khotbahnya.

Rindengan mengingatkan, ini adalah satu tantangan bagi seluruh Pekerja GMIM dan para Pelayan Khusus. Sekolah Minggu sering dinomor duakan, padahal mereka inilah generasi penerus cita-cita Gereja Masehi Injili di Minahasa. Usai ibadah, dalam rapat Komisi bersama POKJA, KPA Sinode GMIM mengungkap, akan menjawab tantangan tersebut. Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM berkomitmen untuk lebih menggalakkan Penginjilan Anak di seluruh lingkup pelayanan GMIM.   

Di bagian lain, Ketua Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM Pnt. Ir. Meike Munaiseche-Pangemanan, M.Si mengajak seluruh konselor anak GMIM untuk lebih menggiatkan diri dalam pelayanan bersama KPA Sinode GMIM. Selain itu, ia mengingatkan, yang diterapkan KPA Sinode GMIM dalam pelayanan penginjilan, semuanya memiliki tujuan yang sama, sekalipun dengan metode yang berbeda. Dalam waktu dekat, KPA Sinode GMIM melalui POKJA Sesawi dan POKJA Penginjilan Anak akan mengadakan pelayanan di Wilayah Tareran Satu dan Wilayah Tumpaan,  yang akan diawali dengan perkunjungan ke dua Wilayah tersebut untuk membahas jadwal pelaksanaan KPI Anak dan Program Sesawi.

(Penulis dan Foto: Frangki Noldy Lontaan. Editor: Pdt. Janny Ch. Rende, M.Th)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here