RSU GMIM Bethesda Tomohon Resmi Kantongi Surat Ijin Operasional

0
2330

GMIM.or.id – Senin (23/11) pukul 13.00 wita di Aula Rumah Sakit Umum (RSU) GMIM Bethesda Tomohon, Pemerintah Kota Tomohon secara resmi menyerahkan Surat Ijin Operasional RSU GMIM Bethesda Tomohon kepada Yayasan Medika GMIM yang diwakili Direktur RSU GMIM Bethesda Tomohon dr. Frangky Kambey, M.Kes dan Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. HWB Sumakul.

Kambey mengungkap, ini merupakan kabar gembira bagi pihaknya selaku pengelola RSU Bethesda Tomohon. Ia pun mengakui, baru tiga hari menjabat Plt. Direktur dirinya sempat berniat melepas jabatannya. “Jujur, sudah berjalan 10 bulan saya dilantik sebagai plt. Direktur. Tiga hari menjabat, saya pernah menyampaikan hal ini kepada BPMS GMIM. Saya ingin berhenti. Alasan saya, RSU ini (Bethesda Tomohon) tidak memiliki ijin operasional,” terangnya, yang disambut tawa para hadirin yang mendengar sambutannya.  “Dengan terbitnya Surat Ijin Operasional ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman,SE.Ak. Atas bantuan beliau akhirnya RSU GMIM Bethesda Tomohon resmi kantongi Surat Ijin Operasional. Apa yang dilakukan Pemerintah Kota Tomohon patut diapresiasi,” ungkap Kambey. Ia pun berterima kasih atas bantuan 1 unit mobil ambulans yang disumbangkan pihak Pemkot Tomohon.

Hal ini dipertegas Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. HWB Sumakul. BPMS GMIM menyambut baik dan memberi penghargaan atas upaya Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman,SE.Ak yang sudah membantu BPMS GMIM dalam mengurus Surat Ijin Operasional, termasuk sumbangan 1 unit mobil ambulans untuk operasional RSU. Dalam kapasitasnya selaku Pembina Yayasan Medika GMIM, Sumakul mengakui Surat Ijin Operasional tersebut sudah lama dinanti-nantikan Yayasan Medika GMIM selaku pengelola Bidang Kesehatan GMIM.  Selain itu, Sumakul mengucap terima kasih kepada dr. Frangky Kambey, M.Kes yang menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab selaku Plt. Direktur RSU GMIM Bethesda Tomohon. Dalam rangkaian penyerahan Surat Ijin Operasional ini dilaksanakan juga ibadah syukur yang dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. HWB Sumakul.

Di bagian lain, Wakil Sekretaris BPMS GMIM Bidang Hukum, HAM, dan Sertifikasi Aset Pnt. Johnly Wendur, SH, MH, MM mengapresiasi Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman,SE.Ak yang sudah membantu pengurusan Surat Ijin Operasional RSU GMIM Bethesda Tomohon. Ia mengatakan, RSU GMIM Bethesda Tomohon yang merupakan salah satu aset milik GMIM sudah 65 tahun melayani warga GMIM serta masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya. Selama itu pula, ijin operasional baru terbit.

Hal ini menurut Wendur, bukan kelalaian GMIM selaku pemilik aset, tapi seiring perjalanan waktu, status RSU ini mengalami perubahan, dan secara administrasi harus mengalami penyesuaian.  “Keluarnya ijin RSU GMIM Bethesda, yang hari ini (23/11) telah diserahkan oleh Pemkot Tomohon, itu adalah bagian komitment Pemkot Tomohon terhadap RSU ini. Tentunya, kami bersyukur atas seluruh karya Tuhan lewat Pemkot Tomohon,” ungkapnya. 

Wendur berharap, ke depan hal yang sama akan dilakukan pada sejumlah aset milik GMIM di Kabupaten dan Kota lainnya yang ada di Wilayah pelayanan GMIM. Ia menambahkan, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Tomohon kiranya menjadi acuan bagi  daerah lainnya dalam sinergitas program Gereja dan Pemerintah.

(Penulis dan Foto: Frangki Noldy Lontaan. Editor: Pdt. Janny Ch. Rende, M.Th)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here