SMAKER 1 TOMOHON AKREDITASI “A”

0
6289

GMIM.or.id – Di tengah upaya mengembangkan pendidikan yang dikelola Yayasan GMIM Ds. A.Z.R. Wenas, SMAKER 1 Tomohon mendapat “ujian” lewat bully yang disebar oknum tak bertanggungjawab di dunia medsos pada Februari sampai Mei 2016 lalu. Tak tanggung-tanggung, sekolah kebanggaan GMIM dan warga Kota Tomohon ini diisukan tidak terakreditasi. Walaupun sempat berpengaruh dalam tingkat penerimaan siswa baru Tahun Pengajaran 2016/2017, SMAKER terus menuai prestasi.

“Ini mujizat”, ujar Kepala Sekolah SMAKER 1 Tomohon Dra. Selvie Poluan, M.AP di ruang kerjanya. “Tuhan malah memberkati kami dengan sejumlah prestasi yang membuat isu-isu miring tentang SMAKER dapat diatasi”, tambah Poluan. “Jadi tidak benar kami tidak diakreditasi, bahkan SMAKER dipercayakan sebagai sekolah budaya literasi di antara 102 sekolah di Indonesia. Syarat sekolah yang masuk kategori ini harus Akreditasi A. Jadi sekali lagi tidak benar kami tidak diakreditasi. Lulusan SMAKER juga telah diterima di berbagai universitas kenamaan di Indonesia.”

Ditambahkan Poluan, Kelas 10 sudah menjalankan kurikulum 2013 dan untuk Kelas 11 dan 12 masih KTSP. Untuk Kurikulum 2013, 15 menit sebelum KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), diwajibkan membaca buku. Pihak sekolah sepakat buku yang dibaca pada setiap hari Senin adalah Alkitab. “Tidak hanya sekedar membaca, para siswa dan guru harus membuat jurnal. Jadi ada catatan-catatan penting dalam bacaan Alkitab yang dikaitkan dengan pembentukan perilaku sesuai firman”, ungkapnya.

Adapun ragam prestasi yang ditorehkan SMAKER 1 Tomohon sepanjang Tahun 2016, antaranya mengikuti Olimpiade Sains Nasional “Kebumian” di Palembang Mei 2016 atas nama siswa Gilbert. Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (OsSN) di Jakartra Juli 2016, Karate Komite Puteri Elryca Mosal, Karate Katak Puteri Sarah Rantung. Jelajah Nusantara di Bandung Agustus 2016, Alfionita Haryanto. Honda Best Student di Jakarta, Agustus 2016, Monica Pitoy. Festifal Lagu Seni Siswa Nasional (FLS2N) September 2016, solo gitar, Dionisio Posumah. DBL Basket “Three On Three” di Surabaya pada September 2016. Pelopor Penataan Ruang Daerah di Jakarta, Oktober 2016, Bill Wenur. Peringkat 1 di Sulut dan menjadi utusan Jumbara PMR Tingkat Nasional di Pangkep Makassar. Terkini, Paskibraka Puteri Tingkat Nasional 2016, Krisan Sangari, yang juga terpilih sebagai Lurih pada Pelatihan Paskibraka Tingkat Nasional di Jakarta.

( Penulis : Pdt. Heski Manus, M.Th; Editor : Pdt. Janny Rende, M.Th)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here