- Pdt. Dr. Henny William Booth Sumakul
- Drs. Steven Oktavianus Kandow
- Pdt. Dr. Albert Obethnego Supit, STM
Majelis Pertimbangan Sinode Periode Pelayanan 2018-2022
Majelis Pertimbangan Sinode
- Pdt. DR. Johan Nicolaas Gara
- Pdt.Adriaan Willem Tampemawa, SmTh
- Pdt. Ketty Maria Supit-Ticoalu, STh
Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Periode Pelayanan 2014-2018
|
Wakil Ketua Bidang Ajaran, Pimbinaan dan Penggembalaan Pdt. Arthur R. Rumengan, M. Teol |
|
|
Sekretaris Pdt. Hendry C. M. Runtuwene, STh, MSi |
Wakil Sekretaris Bidang Pekerja GMIM dan Pelsus Pdt. Richard J. H. Mengko, M.Teol |
Wakil Sekretaris Bidang Data dan Informasi Pdt. Janny Ch. Rende, M.Th |
Wakil Sekretaris Bidang Hukum, HAM, dan Sertifikasi Aset Pnt. Jhonly Th. Wendur, SH, MH, MM |
Bendahara Sym. Recky J. Montong, STh |
Wakil Bendahara Sym. Dra. Adriana Dondokambey, MSi |
ANGGOTA | ||
Ketua Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa | : | Pnt. Ir. Stefanus B.A.N. Liow |
Ketua Komisi Pelayanan Wanita / Kaum Ibu | : | Pnt. Meita Wala, SE,MM |
Ketua Komisi Pelayanan Pemuda | : | Pnt. Toar U. Y. Pangkey, ST,MT |
Ketua Komisi Pelayanan Remaja | : | Pnt. Ir. Dwight M. Rondonuwu, MT |
Ketua Komisi Pelayanan Anak | : | Pnt. Edwin L. Tulungen, SE,MM |
Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Periode Pelayanan 2010-2014
Ketua | : | Pdt. Piet Marthen Tampi, STh, MSi |
Wakil Ketua Bidang Ajaran, Pimbinaan dan Penggembalaan | : | Pdt. DR. H.W.B. Sumakul |
Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan | : | Pdt. Roy Decky Tamaweol, Th.M |
Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Dana | : | Pdt. Herry J.J. Plangiten, STh |
Sekretaris | : | Pdt. Arthur Reinhard Rumengan, MTeol |
Wakil Sekretaris Bidang Pekerja GMIM dan Pelsus | : | Pdt. Marthen H. Karundeng, S.Th. |
Wakil Sekretaris Bidang Database dan Informasi | : | Pdt. Altje Runtu Lumi, MTh |
Bendahara | : | Sym. Drs. Hesky Z.P. Montong |
Wakil Bendahara | : | Sym. Ny. M. Tumanduk-Karwur, SPd |
ANGGOTA EX OFFICIO | ||
Ketua Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa | : | Pnt. Djendry Altin Keintjem, SH, MH. |
Ketua Komisi Pelayanan Wanita / Kaum Ibu | : | Pnt. Dr. Herlina Damongilala-Siwu |
Ketua Komisi Pelayanan Wanita / Kaum Ibu | : | Pnt. Billy Lombok, SH |
Ketua Komisi Pelayanan Remaja | : | Pnt. Drs. Jantje Sajow, MSi |
Ketua Komisi Pelayanan Anak | : | Pnt. DR. J.P.A Lumentut-Runtuwene, DEA |
Tak ada yang mustahil
Jumat, 29 Juni 2012
Tak ada yang mustahil
Yunus 4 : 9
Kita sepakat bahwa kehidupan di dalam dunia ini tidak bebas dari pergumulan. Siapakah manusia yang tidak memiliki pergumulan? Masalah-masalah dalam rumah tangga, pekerjaan, studi, kesehatan, pergaulan, kebutuhan hidup sehari-hari selalu ada dan kita alami. Tak jarang ketika mengalami pergumulan yang berat kita mulai mempersalahkan diri kita, orang lain, bahkan Tuhan. Kita menjadi uring-uringan tak karuan tanpa kendali, tertekan berat dan akhirnya frustasi atas hidup ini.
Untuk kedua kalinya yunus menyatakan amarah dan kekecewaannya terhadap Allah ketika pohoh jarak yang merindangi pondoknya itu layu. Pertanyaan Allah “Layakkah engkau marah…” dijawabnya dengan suatu jawaban yang sungguh mengejutkan “Selayaknyalah aku marah sampai mati”. Jawaban ini tentulah merupakan ekspresi kemarahan yang luar biasa dari seorang Yunus ketika kesenangan dan kenikmatannya diambil. Yunus mengalami frustasi yang luar biasa yang membuat dia putus asa bahkan berani mengecam Allah.
Kita mengutuki kehidupan pemberian Tuhan ini dan kemudian melakukan hal-hal yang bodoh. Begitu banyak berita dalam media massa tentang kejadian yang diakibatkan oleh rasa frustasi manusia yang akhir-nya merugikan dirinya sendiri bahkan orang lain. Itulah sebuah akibat dari ketidakmampuan manusia mengatasi pergumulannya. Pada dasarnya memangmanusia itu adalah mahkluk yang tidak mampu jika hanya mengandalkan kekuatan sendiri, sebab hanya ada satu kekuatan lain yang dapat memberikan manusia itu mampu menghadapi segenap pergumulannya, kekuatan itu hanyalah Allah di dalam Yesus Kristus. Tidak ada yang mustahil di dalam Dia, dengarkanlah panggilan-Nya, marilah kamu yang berbeban berat, letih dan lesu datang kepada-Ku. Amin.
Doa: Tuhan, berilah kami kemampuan untuk mengendalikan pikiran, perkataan dan tindakan kami. Amin.
Hanya Tuhan yang Kekal-Abadi
Kamis, 28 Juni 2012
Hanya Tuhan yang Kekal-Abadi
Yunus 4 : 6 – 8
Begitu gembiranya Yunus ketika dilihatnya sebuah pohon jarak yang tumbuh dengan cepat menaungi tempat pondoknya. Akan tetapi keesokan harinya datanglah seekor ulat menggerek pohon itu hingga layu, tak lama berselang datanglah angin timur yang panas dan matahari semakin terik. Yunus akhirnya lemas tak berdaya dan berharap agar dirinya mati saja.
Dalam kehidupan ini betapa kita begitu bergantung terhadap apa yang kelihatan, harta benda, pangkat, kekuasaan dan begitu banyak kenikmatan lain yang ditawarkan dunia. Kita menjadi sombong dan mengandalkan yang duniawi sebagai yang utama, hidup kita akhirnya hanya tertuju untuk meraih semua itu tapi kemudian akhirnya lupa kemanakah tujuan hidup yang sesungguhnya.
Sambutan Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM
“Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan renungkan perbuatan-perbuatan-Mu“.
Mazmur 77:13
Salah satu kenyataan dari hasil perkembangan sains dan teknologi yaitu adanya informasi melalui jaringan internet. Malah sekarang sangat banyak pengguna jasa informasi ini, baik oleh anak-anak sampai pada orang dewasa. Memang salah satu kebutuhan manusia dalam hidupnya ialah mencari dan mendapatkan informasi, karena manusia adalah ‘makhluk ‘curiousity’ (yang punya rasa ingin tahu).
Penggunaan jaringan internet telah menjadi unsur budaya universal artinya dapat ditemui di dalam semua kebudayaan dari semua bangsa di dunia. Ingatlah bahwa hakikat pengembangan budaya adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu kehidupan manusia.
Oleh sebab itu gereja perlu untuk melayani warganya dan juga masyarakat melalui jaringan internet. Dengan pemikiran inilah maka telah menjadi program GMIM melalui Bidang Data dan Informasi untuk adanya Web GMIM secara kelembagaan.
Syukur kepada Tuhan untuk segala tuntunan-Nya sehingga ada orang yang memberikan perangkat peralatan yang dibutuhkan untuk sistem jaringan tersebut. Terima kasih juga kepada saudara-saudara yang telah membantu memasang peralatan tersebut, yang telah selesai di bulan April 2011. Terima kasih kepada admin yang dengan tekun telah mendesain dan mengisi web ini, Tuhan kiranya memberkati.
Web “www.sinodegmim.org” telah diluncurkan, kiranya hal ini boleh menjadi alat komunikasi dan sumber informasi yang berguna bagi warga GMIM baik tua-muda, anak-anak maupun yang akil balig demi kemajuan kita bersama.
BADAN PEKERJA MAJELIS SINODE GEREJA MASEHI INJILI di MINAHASA |
|
KETUA Pendeta Piet M. Tampi, STh. MSi |
SEKRETARIS Pendeta Artur R. Rumengan, MTeol |
Tata Gereja GMIM 2007
TATA DASAR | ||
Pembukaan | ||
Bab I | Nama dan Bentuk Gereja | |
Bab II | Pengakuan dan Panggilan Gereja | |
Bab III | Sistem dan Struktur Gereja | |
Bab IV | Kelengkapan Pelayanan | |
Bab V | Pelayan Khusus, Pekerja GMIM dan Pemilihan | |
Bab VI | Perbendaharaan dan Badan Pengawas Perbendaharaan | |
Bab VII | Majelis Pertimbangan | |
Bab VIII | Hubungan Kerja Sama | |
Bab IX | Pengembalaan, Penilikan dan Disiplin Gerejawi | |
Bab X | Atribut GMIM | |
Bab XI | Perwakilan | |
Bab XII | Periode dan Tahun Pelayanan | |
Bab XIII | Urutan Keputusan | |
Bab XIV | Peraturan Pelaksanaan | |
Bab XV | Penutup | |
PERATURAN TENTANG JEMAAT | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Panggilan dan Tugas Jemaat | |
Bab III | Keanggotaan dan Berakhirnya Keanggotaan | |
Bab IV | Majelis Jemaat dan Sidang Majelis Jemaat | |
Bab V | Badan Pekerja Majelis Jemaat | |
Bab VI | Pemilihan dan Pengisian Lowong Badan Pekerja Majelis Jemaat | |
Bab VII | Penasihat Majelis Jemaat, Badan Pengawas Perbendaharaan Jemaat, Kostor dan Pegawai | |
Bab VIII | Pelayanan Kategorial Jemaat | |
Bab IX | Komisi Kerja dan Panitia | |
Bab X | Rapat Sidi Jemaat | |
Bab XI | Kolom | |
Bab XII | Ketertiban Pelayanan Jemaat | |
Bab XIII | Penatalayanan | |
Bab XIV | Pembentukan, Pemekaran, Penggabungan dan Pembubaran Jemaat | |
Bab XV | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan | |
PERATURAN TENTANG WILAYAH | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Wilayah | |
Bab III | Majelis Wilayah | |
Bab IV | Sidang Majelis Wilayah | |
Bab V | Badan Pekerja Majelis Wilayah | |
Bab VI | Pemilihan dan Pengisian Lowong | |
Bab VII | Pelayanan Kategorial Wilayah | |
Bab VIII | Penasihat Badan Pekerja Majelis Wilayah, Badan Pengawas Perbendaharaan, Komisi Kerja, Panitia dan Tata Usaha | |
Bab IX | Pemekaran dan Penggabungan | |
Bab X | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan | |
PERATURAN TENTANG SINODE | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Sinode | |
Bab III | Majelis Sinode | |
Bab IV | Sidang Majelis Sinode | |
Bab V | Badan Pekerja Majelis Sinode | |
Bab VI | Majelis Pertimbangan | |
Bab VII | Pelayanan Kategorial | |
Bab VIII | Departemen, Dinas dan Yayasan | |
Bab IX | Hubungan Kerjasama | |
Bab X | Penyelesaian Persengketaan | |
Bab XI | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan | |
PERATURAN TENTANG PELAYAN KHUSUS | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Tugas-tugas Pelayan Khusus | |
Bab III | Pemilihan Pelayan Khusus Syamas, Penatua, Masa Pelayanan dan Pengisian Lowong | |
Bab IV | Ketertiban Pelayan Khusus | |
Bab V | Pelengkapan Pelayan Khusus | |
Bab VI | Berakhirnya Jabatan Pelayan Khusus | |
Bab VII | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan | |
PERATURAN TENTANG PEKERJA GMIM | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Tugas, Kewajiban dan Hak Pekerja GMIM | |
Bab III | Pengangkatan Pekerja GMIM | |
Bab IV | Pelengkapan Pekerja GMIM | |
Bab V | Pemberhentian Pekerja GMIM dan Keadaan Tidak Menjalankan Tugas | |
Bab VI | Biaya Hidup | |
Bab VII | Pensiun | |
Bab VIII | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan | |
PERATURAN TENTANG PERBENDAHARAAN | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Inventaris Milik GMIM | |
Bab III | Anggaran Belanja dan Pendapatan GMIM | |
Bab IV | Tata Usaha Perbendaharaan dan Pertanggungjawaban | |
Bab V | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan | |
PERATURAN TENTANG PENGAWASAN PERBENDAHARAAN | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Badan Pengawas Perbendaharaan | |
Bab XI | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan | |
PERATURAN TENTANG PENGGEMBALAAN, PENILIKAN DAN DISIPLIN GEREJAWI | ||
Bab I | Ketentuan Umum | |
Bab II | Penggembalaan | |
Bab III | Penilikan | |
Bab IV | Disiplin Gerejawi | |
Bab V | Perubahan, Lain-lain dan Ketentuan Peralihan |
MTPJ 24-30 Juni 2012
24 – 30 |
Tema Bulanan: Tema Mingguan: |
Bahan Alkitab: Yunus 4:1-11 |
A. ALASAN PEMILIHAN TEMA
Dalam konteks Indonesia yang majemuk dewasa ini sering kita menemui kesulitan untuk menjalin hubungan baik dengan yang berbeda agama. Kecenderungan sikap ini muncul dari pemahaman yang menjadikan agama sebagai tujuan dan kemudian mempertaruhkannya dengan kebenaran masing-masing, bahwa Allah hanya mengasihi kita, yang berbeda keyakinan dengan saya adalah salah, sesat, menyimpang, sorga hanya untuk kita dan yang lainnya pasti neraka.
Tema ini hendak mengingatkan kita bahwa Allah berkehendak bebas dan memiliki kewenangan mutlak bagi kehidupan manusia dan bahwa Allah mengasihi semua orang yang kepadanya Ia berkenan, sebagaimana kita yang dahulunya adalah orang-orang yang tak layak tetapi kemudian oleh kasih dan anugerah-Nya kita dilayakkan, demikian juga hal sama mungkin berlaku bagi orang lain yang kita anggap berbeda tersebut.
B. PEMBAHASAN TEMATIS
B.1. Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Sebagai nabi Yunus diutus Tuhan ke Niniwe akan tetapi Yunus menolak ke sana karena Yunus membenci orang-orang Niniwe yang adalah musuh bangsa Israel. Yunus berusaha melarikan diri dari Tuhan dan berlayar ke Tarsis. Pelarian itu gagal dan Yunus ditelah oleh seekor ikan besar (psl. 1). Pengalaman tiga hari dalam perut ikan membuat Yunus bertekad untuk membayar nazarnya (psl. 2) Yunus pun pergi ke Niniwe seperti yang diperintahkan Tuhan sehingga terjadilah pertobatan di seluruh Niniwe dan Allah-pun mengurungkan untuk menunggang-balikkan kota itu (psl. 3).
Akan tetapi pertobatan yang terjadi di kota Niniwe membuat Yunus merasa tidak puas dan menjadi sangat marah bahkan mau mati. Dalam hatinya Yunus bertanya-tanya: “Mengapa Allah harus mengampuni orang-orang jahat itu?” Lalu Tuhan datang dan berbicara kepadanya dengan menggunakan pohon jarak, seekor ulat dan angin kencang (psl. 4). Dari ketiga hal ini Yunus mendapat pelajaran yang penting yaitu jikalau Yunus menyayangi pohon jarak yang bukan dibuatnya, maka terlebih Tuhan mengasihi orang-orang Niniwe sebagai ciptaan-Nya, sekalipun mereka bukan bangsa Yahudi.
Bangsa Israel memahami bahwa Allah hanyalah Allah mereka adalah satu-satunya bangsa kepunyaan Allah (partikularistik). Bagian bacaan ini hendak mengemukakan bahwa Allah adalah Allah segala bangsa (universalitis) yang dalam kehendak bebas-Nya menerima orang dengan apa adanya.
B.2. Makna dan Implikasi Firman
Ketika Allah ingin memberi pengampunan bagi orang Niniwe, Yunus marah! Mengapa orang Niniwe yang jahat menerima pengampunan. Apakah Allah tidak menghukum kejahatan mereka? Apa yang dipikirkan Yunus bukankah juga sering kita lakukan? Kita mungkin pernah mengajukan keberatan kepada Allah karena Ia juga mengasihi orang yang melakukan kejahatan atau orang yang pernah membuat kesalahan terhadap kita.
Jika itu yang kita pikirkan maka tanpa disadari sebenarnya kita telah melakukan penilaian pantas atau tidaknya seseorang menerima kasih Allah. Kita memahami Allah menurut konsep pikir manusia, oleh pikiran kita menjadi tidak mengenal Allah sebagai Allah yang penuh cinta kasih, di mana kasih-Nya melampaui dosa manusia.