RHK Jumat, 16 Mei 2014

0
1257

MENEPATI JANJI

Yosua 6:23-24

Ada  syair  lagu  dari  Bob  Tutupoli  begini  “memang lidah tak bertulang tak terbatas kata-kata, tinggi gunung s’ribu janji lain di bibir lain di hati”. Lagu ini mau menyampaikan  bahwa di  dunia  ini  tidak  banyak  orang  yang  cukup  konsekuen. Terkadang  apa  yang  dikatakannya  akan  menjadi  sangat berbeda dari kehidupan yang ditunjukkannya.  Tidak  banyak penulis  yang  bisa  hidup  seperti  firman  yang  dikhotbahkannya.  Tidak banyak penulis yang hidup seperti segala sesuatu yang  sudah  dituliskannya.  Tidak  banyak  konselor  yang  bisa hidup seperti nasihat yang sudah diberikannya. Tidak banyak orang  Kristen  yang  bisa  sama  seperti  kedua  pengintai  iniketika orang Israel akan memusnahkan seluruh penduduk di Yerikho.  Kedua  pengintai  yang  diselamatkan  Rahab  waktu mengintai,  menepati  janji  dengan  kembali  menyelamatkan Rahab dan seisi rumahnya.  Hal janji itu bisa saja tinggal janji yang  diabaikan/tidak  diindahkan  oleh  kedua  pengintai  itu, apalagi  di  saat  itu  dalam  keadaan  perang  tetapi  ternyata mereka bukan tipe seperti itu melainkan yang menepati janji.

Banyak orang (mungkin kita juga termasuk di dalamnya) yang  mengungkapkan  janji.  Janji  perkawinan,  jabatan,pelayan  khusus,  panitia,  dsb.  Namun  masih  sering  tidak konsekuen  dengan  janji  itu.  Demikian  pula  ketika  masa kampanye  berjanji  untuk  mensejahterakan  rakyat  tetapi setelah terpilih hanya membuat sejahtera diri sendiri.  Suami bajanji pada  istri somo rajin ibadah.  Kenyataannya masih lebe suka main kartu, pigi kobong, sabung ayam di jam-jam ibadah.

Sebagai  pribadi  dan  keluarga  mari  kita  konsekuen dengan  Tuhan  karena  Tuhan  selalu  konsekuen  dengan  kita bahkan  hidup  kitapun  ada  karena  Tuhan  yang  janjikan  dan Dia tepati. Amin

DoaTuhan, hilangkan kebiasaan kami mengingkari janji agar kami  tidak  hidup  dalam  dusta.  kuatkan  hidup  yang mempercayai  Tuhan  sehingga  kami  tidak  dilanda  kekuatiran dan ketakutan. Sebab Engkau Tuhan Allah yang setia menepati janji memelihara dan memberkati hidup kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here