RHK Jumat, 8 April 2016

0
1905

Makan Bersama Sebagai Tanda Mengenal Tuhan

Lukas 24:30-31

Setiap keluarga Kristen pasti merindukan saat-saat berkumpul bersama untuk menikmati kebersamaan dan keke-luargaan sebagai bentuk ekspresi cinta kasih satu sama lain, sebagai saat melepas rasa rindu dan sebagai saat untuk saling membagi rasa bahagia, pergumulan dan harapan. Salah satu bentuk kebersamaan itu, nampak sangat indah tercipta saat makan bersama. Itulah sebabnya, keluarga-keluarga Kristen yang menyadari hal ini, sangat mengu-sahakan untuk memi-liki saat-saat yang indah untuk makan bersama disela-sela kesibukan mengejar prestasi dan prestise untuk memenuhi semua kebutuhan hidup sehari-hari.

Saat makan bersama, dipakai juga oleh Yesus, selain sebagai saat mengekspresikan kebersamaan, kekeluargaan dan cinta kasih terhadap murid-murid-Nya, tetapi juga sebagai saat untuk mengajar dan mendidik dengan tujuan supaya mereka me-ngenal siapa Dia, sebagai teman, guru, Tuhan dan Juru-selamat. Dan itu yang terjadi setelah mereka selesai makan bersama, murid-murid-Nya kemudian mengenal Yesus yang telah bangkit itu. Dikatakan ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

Ketika kita belajar dari bagian Alkitab ini, maka sebagai keluarga Kristen, kita juga harus mengusahakan adanya saat-saat untuk makan bersama walaupun sulit karena berbagai kesibukan ataupun karena berbagai hiburan TV ataupun Facebook dan media sosial lainnya  yang banyak merampas waktu kita. Dengan makan bersama, kita boleh bersyukur atas berbagai berkat Tuhan, kita boleh bercanda, bersenda gurau memperkuat kasih persaudaraan, membagi suka duka, teristi-mewa dapat semakin mengenal Tuhan yang selalu menolong dan memberkati kita. Kiranya hal ini akan kita perhatikan dan praktekkan dalam hidup berkeluarga, sebagai orang tua, suami isteri dan anak-anak. Amin.

Doa: Tuhan Yesus Kepala Gereja, Engkaulah tamu agung dalam keluarga kami, tolonglah kami supaya selalu mem-punyai waktu untuk makan bersama dan ajarlah kami untuk semakin mengenal Engkau sebagai sumber berkat dan juruselamat hidup kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here