RHK Rabu, 7 Januari 2015

0
2134

Maksud Pemberkatan

Bilangan 6:27 

Nama adalah identitas pribadi yang membedakan satu dari yang lain. Nama juga adalah kehormatan karena tidak ada pribadi yang sudi namanya dicemarkan. Harun dan anak-anaknya diperintahkan Tuhan untuk meletakkan nama Allah atas hidup orang Israel. Kalimat ini harus dipahami bukan sekedar menyematkan nama Allah kepada orang Israel. Tetapi ungkapan ini menunjukkan bahwa ada panggilan terhadap umat Israel untuk tetap menghormati nama Tuhan. Artinya, dengan menghormati nama Tuhan saja maka umat Allah diberkati. Sikap menghormati Allah ini yang harus terus dipelihara oleh umat baik ketika mereka ada dalam pengembaraan di padang gurun, maupun nanti ketika mereka menempati tanah perjanjian dalam segala harapan maupun tantangan di tanah itu. Hal menghormati nama Allah  menjadikan hidup umat Israel, melekat citra Allah yang bukan saja membedakan mereka dari bangsa lain atau penyembahan mereka dari penyembahan bangsa lain. Tetapi juga menjadi prasyarat penerima berkat selaku umat Allah. Selama umat memelihara dan menghormati nama Allah maka jaminan berkat Allah menyertai umat-Nya.

Sebagai keluarga orang percaya sering kita bersikap tidak adil. Mengharapkan berkat namun sikap dan tindakan kita tidak mendukung harapan itu. Kita mengharapkan berkat tetapi tidak mempermuliakan Tuhan. Kita memohon Tuhan memberkati kita, tetapi kita menyakiti dan mencurangi orang lain dan sebagainya. Kiranya kita sebagai keluarga Kristen terus memelihara nama Tuhan sehingga kita diberkati. Amin.

Doa: Ya Tuhan, tolonglah kami untuk selalu menghormati nama-Mu dalam hal apapun yang kami jalani agar Engkau dipermuliakan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here