RHK Sabtu, 18 Februari 2017

0
1472

Pilihan Hidup

Amsal 30:30-31

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Segala kelebihan yang dimiliki oleh setiap orang janganlah menjadikan ia sombong dan ingin menguasai tapi dedikasikan itu untuk menolong sesama. Begitu pula dengan kekurangan yang kita miliki jangan jadikan itu sebagai kelemahan yang membatasi kerja dan pelayanan kita. Namun jadikan itu sebagai daya dorong untuk bersemangat menjalankan segala tang-gungjawab kita masing-masing. Hal yang terpenting bagi kita adalah kelebihan dan kekurangan bukanlah menjadi alasan untuk kita saling menguasai dan menjatuhkan.

Singa, terkuat di antara binatang (raja hutan); berani dan teguh, kekuatannya menjadi unggulan hingga ia tidak takut terhadap segala ancaman. Ia tidak mundur atau melambatkan langkahnya karena takut pada pada siapapun yang mengejarnya, sebab ia tahu bahwa ia terlalu tangguh bagi mereka. Kehadirannya membuat sesama makhluk liar segan dan  ciut nyalinya. Bila kebuasan  berbagai binatang sering membuat manusia merasa ngeri, maka singalah melebihi semuanya.

Ayam Jantan; angkuh: kecepatan dan kecekatan; memamerkan kekuatan, Kambing Jantan kegagahannya dalam memimpin kawanannya; kewibawaan dan perhatian. Raja ketika tampil dalam kemegahannya dipandang dengan hormat dan takjub; tak dapat disaingi; rakyatnya tunduk dengan segala kesungguhan.

Penggambaraan sifat ketiga binatang dan raja memiliki  aspek positif dan negatif. Positifnya menggambarkan kebe-ranian, kecepatan, kegagahan dan kewibawaan. Negatifnya yaitu: kesombongan atau keangkuhan. Kedua hal tersebut menjadi realitas dalam kehidupan kita dan mendorong kita untuk memilih.

Keluarga kristen diarahkan untuk memilih hal-hal yang positif dan menolak hal negatif dalam membangun kehidupan  yang saling berbagi kasih dalam kedamaian. Amin. 

Doa: Ya Tuhan mampukan kami untuk dapat membangun kehidupan yang positif dan dijauhkan dari kehidupan negatif. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here