DI BALIK JUMPA REMAJA TELADAN 2014 DENGAN BPMS GMIM (1)

0
2991

Pnt. Ir. Dwight Mooddy Rondonuwu, MT:

Remaja GMIM: Gereja Masa Depan dan Masa Depan Gereja

 

Bagian dari seleksi Remaja Teladan GMIM 2014, Komisi Pelayanan Remasa Sinode GMIM bersama panitia dan para finalis mengadakan road show di Kantor Sinode GMIM, Jalan Raya Kakaskasen Tomohon, Kamis (14/8/2014). Dipimpin Ketua Komisi Pelayanan Remaja Pnt. Ir. Dwight Mooddy Rondonuwu, MT dan Sekretartis Pnt. Iwan Mahardhika Frederik, SE, tiga puluh remaja berselempang ini tampak gembira duduk berjejer di hadapan BPMS GMIM yang hadir.

Menurut Pnt. Mooddy, para finalis remaja teladan ini telah mengikuti seleksi ketat. Dimulai dari tes tertulis di 5 rayon yang ada dalam pelayanan GMIM. Ada 509 remaja yang mengikuti seleksi awal, kemudian tersaring menjadi 90 orang. Dari tes wawancara, lalu terjaring 50 peserta. Mereka lalu dikarantinakan dan sesudah tahap seleksi lanjutan, didapat 30 orang remaja  atau 15 pasang remaja putera/puteri.

Dalam roadshow hari itu, mereka telah mengunjungi SMA Kristen 1 Tomohon dan diberi kesempatan beribadah bersama para guru dan siswa. Seorang finalis diketahui, juga berasal dari sekolah kebanggan warga Kota Tomohon ini. Tujuannya memberi motivasi kepada siswa yang rata-rata berusia remaja untuk makin berperan dalam kegiatan pelayanan gerejawi.  Sesudah di kantor Sinode, siangnya, kunjungan dilanjutkan ke LP Anak Kolongan Tomohon.

 

Pnt. Mooddy dalam pengantar kegiatan, menyampaikan alasan kedatangan ke Kantor Sinode, “Banyak dari mereka yang belum pernah ke kantor sinode, padahal mereka akan menyandang gelar Remaja Teladan GMIM”.  Mereka juga dapat mengenal lebih dekat BPMS GMIM periode 2014-2018. “Selain tahu tentang kantor, langsung bertemu dengan BPMS. Dengan bertatap muka mereka bisa mendengar langsung pesan dan harapan BPMS sebagai bekal masa depan. Di dalamnya ada pengetahuan serta wawasan gerejawi yang akan disampaikan dalam grand final 13 September 2014.”

 

“Adik-adik tolong perhatikan hal-hal yang akan dijelaskan berkaitan dengan eksistensi GMIM di mana kalian adalah gereja masa depan dan masa depan gereja”, tandas Pnt. Mooddy sebelum menyerahkan kepada moderator.

 

Menariknya, pada jeda sesi dialog yang dimoderatori Sekretaris BPMS Pdt. Hendry C.M. Runtuwene, para finalis remaja teladan mengucapkan penuh semangat, yel-yel yang berbunyi: “Retel 2014… Syalom, siap menjadi teladan!” Ruangan terdengar riuh. Dipimpin langsung Ketua BPMS, sambil berdiri dan dengan hentakan tangan terkepal, kalimat yel-yel ini ditambahkan dengan yel-yel GMIM: I yayat u santi… Viva GMIM”. Tiga kali kalimat ini diucapkan. Ruangan makin bergemuruh yang disudahi tawa lepas hadirin.

 

Sementara itu, ditemui jelang foto bersama di lobi kantor sinode, seorang finalis Fabian Billy Wenur, asal Jemaat Syalom Tumatangtang menyatakan rasa sykurnya dapat menjalani proses seleksi retel 2014. Dengannya ia dapat menyalurkan talenta serta membekali diri bagaimana menjadi seorang remaja yang dapat diteladani, mulai dari jemaatnya sampai di aras sinode. “Tapi bukan karena ingin mendapatkan gelar namun untuk melayani Tuhan,” ujar Fabian yang saat ini tercatat sebagai siswa SMA Kristen 1 Tomohon. Lain lagi dengan Rachel Kumendong utusan Jemaat Zaitun Mahakeret yang memiliki kesan tersendiri ketika dapat bertemu langsung dengan Ketua BPMS GMIM Pdt. H.W.B. Sumakul. “Bagi saya, beliau memiliki sifat rendah hati, bersahaja, berwibawa dan tutur katanya lembut ketika mengungkapkan gagasan-gagasannya,” terang Rachel yang sedang menempuh pendidikan di SMA Dian Harapan Manado.

 

Doa penutup dibawakan Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Pdt. Petra Rembang M.Th, yang juga mendoakan Pnt. Iwan Frederik yang ber-HUT ke-34 di hari itu. Tak lupa dinyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun”. 

 

Berlangsung sekitar 1 jam, pertemuan dihadiri oleh para purna remaja teladan, pembina, Kompel Remaja Sinode, Remaja teladan 2013 David Fernando Lodewijk Bella, asal Jemaat Yobel Winangun Atas, kini studi di UPH (Universitas Pelita Harapan) Jakarta.  Dari BPMS, hadir juga Wakil Ketua Bidang APP Pdt. Arthur Rumengan M.Teol, Bendahara Sym. Rekcy Montong S.Th, Wakil Sekretaris Bidang Data dan Informasi Pdt. Janny Ch. Rende MTh, Wakil Sekretaris Bidang Pekerja GMIM Pdt. Richard Mengko M.Teol,  Wakil Sekretaris Bidang Hukum/HAM Pnt. Jhonly Wendur SH, MH. ///

 

Penulis: Pdt. Heski L. Manus ; Editor: Pdt. Janny Ch. Rende

{oziogallery 252}

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here