RHK Rabu, 11 April 2018

0
1638

Bekerja Bersama-sama

Keluaran 17:12

Untuk meraih sebuah kesusksesan yang didambakan dalam suatu tim/kelompok, maka harus bekerja bersama-sama. Dengan be-kerja bersama-sama dalam kesatuan, maka sebesar apapun tugas pekerjaan atau seberat apapun tantangan yang dihadapi akan berhasil diselesaikan. Dalam kerjasama pasti tercipta kehidupan  yang saling menopang dan melengkapi.

Bacaan saat ini memperlihatkan bagaimana Musa, Harun dan Hur bekerjasama selaku pemimpin umat dan pemimpin bangsa. Musa sebagai pemimpin merasa lelah atau penat dalam mengahadapi peperangan besar sehingga dia perlu ditopang oleh Harun dan Hur dalam kesatuan kerjasama dengan masing-masing menempati posisi berbeda. Perhatikan kebersamaan mereka: Musa mengangkat tangan untuk meninggikan Allah sehingga umat Israel yang dipimpin Yosua kuat, ketika Musa kelelahan dan tangannya turun maka orang Amalek menjadi kuat. Tanpa diperintah, Harun dan Hur meletakkan batu di bawah kedua tangan Musa yang teracung dan menopang kedua belah tangannya sehingga tidak bergerak sampai matahari terbenam. Sementara itu, umat Israel bersama dengan Yosua terus berperang melawan orang Amalek.

Dari kisah ini ada ajakan untuk kita sebagai keluarga Kristen bahwa, di tengah keluarga, kita memiliki tugas, peran dan fungsi yang berbeda. Namun bukan berarti kita harus jalan sendiri-sendiri. Tunaikanlah tugas kita sebagai suami/kepala keluarga, sebagai isteri/ibu rumah tangga, dan sebagai anak dalam ke-luarga. Ketika mengalami pergumulan hidup, hadapilah bersama-sama dalam doa kepada Tuhan dan berjuanglah dalam pengharapan bahwa Penolong yang setia yaitu Tuhan selalu bersama kita.  Amin. 

Doa: Tuhan Allah, kiranya Engkau menolong kami untuk membangun dan membina persekutuan yang selalu bekerjasama dalam kesatuan, meski kami memiliki karunia yang berbeda-beda, sehingga kami saling menopang dan melengkapi satu sama lain. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here