RHK Sabtu, 6 Desember 2014

0
1416

Menyambut Sang Raja

2 Petrus 3:14-15a

Tinggal beberapa hari lagi kita telah berada di hari yang kita nanti-nantikan.  Hari Natal.  Kita sudah mulai menikmati mulianya hari itu, melalui perayaan-perayaan “pohon Trang”.  Menyambut hari mulia itu, kita mulai memperindah rumah kita dengan dekorasi Natal. Sayangnya, ada orang Kristen yang melakukannya cuma karena ikut-ikutan, tanpa makna.

Minggu-minggu Adven ini, hendak mengingatkan warga jemaat, bahwa menyambut  Natal yang harus diutamakan adalah persiapan hati. Karena merayakan Natal  mengarahkan kita bahwa Yesus yang pernah lahir di Betlehem itu, Ia akan datang kembali bukan lagi sebagai Penebus, tetapi sebagai Raja, yang akan meminta pertanggungjawaban apakah yang telah kita lakukan selama hidup yang dianugerahkan-Nya kepada kita.  Firman Tuhan hari ini, membimbing kita sebagai keluarga Kristen, bagaimana seharusnya kita mengisi hari-hari selama kita di dunia, sementara kita menantikan pengenapan janji Tuhan.

Selaku orang yang percaya, selama masih di dunia kita harus menjaga diri supaya tak bercacat dan bercela. Artinya, sambil menjaga kekudusan hidup, terlibat di tengah-tengah kehidupan; menunjukkan buah-buah imannya, suatu hidup yang berdampak. Inilah perwujudan sikap yang bertanggung-jawab seorang yang telah diselamatkan. Maka Kedatangan Kristus sebagai Raja adalah suatu kesukaan, karena itulah hari untuk hidup dalam dunia baru.

Sebagai satu keluarga marilah kita memeriksa diri, apakah perayaan-perayaan Natal kita selama ini menguatkan pengharapan kita akan kedatangan Yesus yang kedua kali, sebagai Raja? Amin.

Doa: Bapa yang Kudus, terima kasih untuk Firman-Mu sepanjang minggu ini. Berkatilah kami supaya kami selalu berhasil menjaga kekudusan hidup sebagai tanda terima kasih atas kasih dan kesabaran-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here