RHK Jumat, 29 Desember 2017

0
972

Keluarga yang Berserah Pada Rencana Allah

Matius 1:14-16

Bagian bacaan Alkitab hari ini menuliskan nama-nama leluhur Yesus Kristus sebagai  Imam-Imam. Zadok dikenal sebagai Imam keturunan Harun (I Tawarikh 6:1-8;49-53) dan menguasai keimaman di Yerusalem (Yeheskiel 40:46). Jusuf dan Maria memperanakkan Yesus Kristus sekalipun mengandung oleh Roh Kudus. Jusuf dikenal sebagai lelaki yang tulus hati dan bermimpi  dijumpai Malaikat untuk tidak takut mengambil  Maria sebagai Istrinya sekalipun mereka belum menikah. Demikian juga Maria dijumpai Malaikat (Lukas 1:28-31) yang mendapat kasih karunia Allah untuk mengandung dari Roh Kudus supaya  dapat melahirkan Yesus Kristus. Sikap Maria hanya menyerahkan seluruh rencana Allah dalam kuasa-Nya.

Kita percaya bahwa Yesus Kristus  sejak lahir sampai dewasa Ia dalam  asuhan Jusuf dan Maria sebagai simbol keluarga sederhana yang tidak memiliki status sosial yang terhormat; tidak kaya, tidak memiliki latar pendidikan yang mumpuni, bukan pemimpin dan lain-lain. Peranan Jusuf dan Maria pasti sangat signifikan bagi perkembangan mental, spiritual dan  pembentukan karakter pribadi Tuhan Yesus.

Peradaban manusia yang moderen ini membutuhkan pola pendidikan keluarga yang dapat menyentuh hati setiap anggotanya. Ibu dan Bapa harus menjadi teladan dalam pikiran, ucapan dan perilaku bagi anak. Anak yang baik harus meneladani  perilaku orang tua dan harus menjadi anak yang cerdas iman dan pengetahuan. Amin.

Doa: Kami bersyukur pada-Mu ya Tuhan, karena  boleh belajar dari keluarga Jusuf dan Maria untuk tulus dan menyerahkan hidup  dalam kehendak-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here