RHK Rabu, 3 Desember 2014

0
1368

Kesabaran Tuhan

2 Petrus 3:8,9 

Sekarang kita menyaksikan hal-hal yang tidak wajar  dalam kehidupan.  Kita meyaksikan bagaimana seorang anak tak menghormati orang-tua, orang muda bersikap tidak sopan kepada orang yang lebih tua. Dalam pembacaan kita hari ini, hal yang tak wajar pun dilakukan umat ciptaan terhadap sang Pencipta. Tuhan dituduh melakukan kelalaian, dan mengingkari janji. Benarkah Tuhan dapat berbuat salah?  Kita teringat dengan beberapa nama yang disebut dalam Alkitab, yang bersikap seberani itu. Ayub berani mengatakan Tuhan tidak adil padanya; Yunus yang berani memarahi Tuhan; Elia yang menuduh Tuhan membiarkan dia berjuang sendiri. Seandainya Tuhan seperti manusia,  tentu Tuhan akan membalas dengan tindakan yang lebih keras. Pembacaan Alkitab hari ini menyaksikan, Tuhan itu sabar.

Kesabaran Tuhan berhubungan dengan kerinduan-Nya agar semua orang berbalik dan bertobat.  Kesabaran Tuhan mengambarkan kasih-Nya yang luar biasa. Takkan mungkin kita memiliki kesabaran seperti kesabaran Tuhan. Yang dapat kita lakukan adalah kepedulian dengan sesama yang terancam kehilangan masa depan, yang ketiadaan pengharapan. Dalam kehidupan keluarga, firman Tuhan hari ini, mengingatkan kita bahwa kalau kita boleh menikmati kecukupan, kebahagiaan, itu semua karena kesabaran Tuhan, yang menerima kita apa adanya. Amin.

Doa:  Ya Bapa kami di Sorga, terima kasih, Engkau sabar terhadap kami. Ajarilah kami untuk menuruti kehendak-Mu dan dan bersikap sabar ketika menghadapi perlakuan yang tidak baik dari sesama kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here