RHK Selasa, 28 Maret 2017

0
1473

Sudahkah Kita Mengenal Yesus?

Lukas 22:56-57

Petrus yang dikenal sebagai salah satu dari duabelas murid Tuhan Yesus  sebagai orang  yang proaktif.  Ketika Yesus ber-tanya kepada semua murid: “Menurut kamu siapakah Aku ini”? Jawab Petrus: ”Mesias dari Allah”. (Lukas 9:20). Ketika seorang hamba (budak; orang gaji) perempuan mengamat-amati atau memperhatikan dengan seksama  orang yang duduk dekat api…ternyata ia adalah Petrus yang mungkin cukup dikenalnya. Ia berkata: ”Juga orang ini bersama-sama dengan Dia”. Hal ini menegaskan bahwa Petrus bukan orang asing bagi Yesus dimata perempuan ini. Bahwa hamba perempuan ini cukup mengenal Petrus yang selalu bersama Yesus dalam pelayanan-Nya, sehingga ia berani menegaskan bahwa Petrus bersama Yesus.

Mendengar pernyataan hamba perempuan tersebut Petrus meyangkal dengan menjawab: “Bukan, aku tidak kenal Dia”. Inilah penyangkalan pertama yang dilakukan Petrus yang menunjukkan bahwa ia  pura-pura sama sekali tidak tahu- atau  tidak pernah melihat sekalipun, siapa Yesus itu, apalagi bersama Dia. Petrus bersikap sebagai orang asing bagi Yesus dan menunjukkan  bahwa ia  tidak pernah berjalan bersama Yesus dan rombongan dalam pelayanan-Nya. Padahal dalam Yohanes 10:14, Yesus mengatakan bahwa Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku.

Sebagai keluarga Kristen kita yang sudah percaya kepada Yesus berarti telah mengenal-Nya.  Ia yang telah lahir, melayani, sengsara dan mati hanya untuk menebus dan menyelamatkan kita dari dosa. Dimasa sengsara ini akuilah Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat kita dalam situasi apapun yang dialami. Amin. 

Doa: Tuhan Yesus, berilah Roh-Mu selalu menguasai roh kami agar tetap mengenal dan mengakui-Mu sebagai Tuhan dan Juruselamat. Amin

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here