RHK Senin, 12 Desember 2016

0
1155

Menanti Yesus dengan Meluruskan Jalan Bagi-Nya

 Matius 3:3

Kedatangan Yohanes Pembaptis yang mencengangkan banyak orang pada masa Perjanjian Baru, sesungguhnya telah digaungkan sejak masa Perjanjian Lama di masa para nabi dahulu. Apa yang disampaikan nabi merupakan nubuat tentang apa yang akan terjadi masa datang. Di dalamnya ada janji yang mengandung kepastian. Nabi Yesaya bernubuat tentang keda-tangan Kristus (Yesaya 40:3) dan juga nabi Maleakhi (Maleakhi 3:1). Para nabi tidak bernubuat dari dirinya sendiri, sebab hanya Tuhan satu-satunya yang memberi kesanggupan nabi untuk bernubuat. Janji bagi kedatangan Yohanes si perintis jalan bagi kedatangan Tuhan Yesus lalu digenapi ratusan tahun kemudian.

Sebagai keluarga kita mensyukuri nubuatan yang Tuhan anugerahkan bagi para nabi untuk menubuatkan hal yang masih tersembunyi pada zamannya, tetapi yang memberi pengharapan pada masa depan yang penuh selamat dan sejahtera. Saatnya kita juga harus memberi perhatian pada pesan nubuatan yang diungkapkan untuk mempersiapkan jalan untuk Tuhan dan meluruskan jalan bagi-Nya. Harus diakui kenyataan hidup membuat kita bisa tergoda pada dosa dan pemberontakan terhadap-Nya. Kita membuat jalan sendiri, suatu jalan yang berkelok-kelok dan tidak rata. Jalan yang dapat membuat kita tersesat dan binasa. Dengan bertobat dan bergantung kepada-Nya, kita mengambil bagian dalam keikutsertaan: mempersiapkan dan meluruskan jalan bagi-Nya. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, Engkaulah Jalan dan Kehidupan kami, berilah kami hati yang selalu rindu untuk menyendengkan telinga kami pada janji-janji-Mu yang penuh kepastian. Berkatilah setiap usaha kami untuk memperbaiki dan menata kehidupan supaya makin berkenan kepada-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here